Top Ads

9 Manfaat Analisis Laba Kotor

Sahabat manajemenmentor.blogspot.com yang budiman, setelah kemarin saya telah menuliskan artikel tentang Pengertian Analisis Laba Kotor dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laba Kotor dan pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan tentang 9 Manfaat Analisis Laba Kotor.

9 Manfaat Analisis Laba Kotor
9 Manfaat Analisis Laba Kotor
Pada dasarnya Analisis laba kotor merupakan salah sayu kegiatan yang sangat penting bagi manajemen guna mengambil keputusah untuk masa sekarang dan yang akan datang. Artinya laba kotor akan dapat membantu manajemen dalam melakukan tindakan apayang akan diambil kedepan dengan kondisi yang terjadi sekarang atau untuk mengevaluasi apa penyebab turun atau naiknya laba kotor tersebut sehingga target tidak tercapai. Dengan demikian, analisis laba kotor memberikan manfaat yang cukup banyak bagi pihak manajemen.

WAW KEREN SUNNY LEONE MEMILIH PENSIUN DARI FILM PORNO

Secara umum manfaat yang dapat diperoleh dari analisis  laba kotor yaitu

1) Untuk mengetahui penyebab turunnya harga jual

Dengan diketahuinya penyebab turunnya harga, pihak manajemen dapat memprediksi berbagai hal, terutama berkaitan dengan penetuan harga jual ke depan dan target harga jual ke depan dan target harga jual yang lebih realistis. Kesalahan akibat penentuan harga jual ini pasti dikarenakan faktor perubahan harga jual yang sangat rentan terhadap perubahan di luar lingkungan perusahaan. Misalnya apabila terdapat pesaing baru dengan kualitas barang yang sama murah, hal tersebut juga akan mempengaruhi nilai penjualan perusahaan tertentu. Demikian pula jika produksi yang sejenis di luar berkurang, perusahaan dapat menaikan harga jual yang diinginkan.

2) Untuk mengetahui penyebab naiknya harga jual

Kenaikan harga jual perlu dicermati penyebabnya, sebab naiknya harga jual ini sangat mempengaruhi perolehan laba kotor perusahaan. Faktor-faktor penyebab naiknya harga jual dapat berasal dari dalam perusahaan, misalnya kenaikan biaya-biaya. Namun, harga jual juga dapat naik karena dipengaruhi dari luar perusahaan, misalnya pesaing sejenis menaikan harga jual yang melebihi harga pesaing sangat berbahaya dalam usaha pencapain jumlah penjualan. Manajemen dalam hal ini dituntut untuk meningkatkan upaya-upaya pemasaran yang lebih intensif di samping meningkatkan mutu produk yang ditawarkan.

3) Untuk mengetahui penyebab turunya harga pokok penjualan

Disamping kenaikan harga jual, laba kotor juga dipengaruhi oleh penurunan harga pokok penjualan. Penyebab menurunnya harga jual tidak jauh berbeda dengan kenaikan harga pokok penjualan. hanya saja harga pokok penjualan akan membuat perusahaan berusaha keras untuk bekerja lebih efisien dibandingkan dengan pesaing. Kalau tidak, beban biaya yang telah dianggarkan akan ikut mempengaruhi nilai perolehan penjualan ke depan.

4) Untuk mengetahui penyebab naiknya harga pokok penjualan

Penyebab naiknya harga pokok penjualan juga sangat penting untuk diketahui oleh perusahaan karena dengan diketahuinya penyebab naiknya harga pokok penjualan, perusahaan pada akhirnya mampu menyesuaikan dengan harga jual dan biaya-biaya lainnya. Penyebab utama naiknya harga pokok penjualan sebagian besar adalah karena pihak luar perusahaan sehingga mau tidak mau perusahaan harus mampu menyesuaikan diri.

5) Sebagai bentuk pertanggungjawaban bagian penjualan.

Analisis laba kotor juga memberikan manfaat sebagai bentuk pertanggungjawaban bagian pejualan akibat naik harga jual. Artinya ada pihak-pihak yang memang seharusnya bertanggungjawab apabila terjadi kenaikan atau penurunan harga jual.


6) Sebagai bentuk pertanggungjawaban bagian produksi

Analisis laba kotor juga memberikan manfaat sebagai bentuk pertanggungjawaban bagian produksi akibat turunya harga pokok penjualan. Artinya untuk urusan harga pokok penjualan, pihak bagian produksilah yang bertanggung jawab.

7) Sebagai salah satu alat ukur untuk menilai kinerja manajemen

Sudah pasti analisis laba kotor ini pada akhirnya akan memberikan manfaat untuk menilai kinerja manajemen dalam suatu periode. Artinya hasil yang diperoleh analisis laba kotor akan menentukan kinerja manajemen ke depan.

8) Sebagai bahan untuk menentukan kebijakan manajemen ke depan

Analisis laba kotor digunakan sebagai bahan untuk menentukan kebijakan manajemen ke depan dengan mencermati kegagalan atau kesuksesan pencapaian laba kotor sebelumnya. Jika berhasil, manajemen mungkin sekarang akan dipertahankan atau bahkan ada yang dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi . Akan tetapi, jika gagal, sebaliknya akan diganti dengan manajemen yang baru. Disamping itu, keberhasilan atau kegagalan manajemen dalam mencapai target laba kotor juga akan menentukan besar kecilnya intensif yang bakal mereka terima.

9) Manfaat Lainnya

BACA JUGA

1. Bentuk-Bentuk dan Teknik Analisis Laporan Keuangan
2. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Modal Kerja
3. cara membersihkan noda pada wajah dengan aplikasi photoshop

2)
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

1 Response to "9 Manfaat Analisis Laba Kotor"

Anonymous said...

halo semuanya di sini jika Anda mencari pinjaman dengan tingkat bunga rendah dengan pengembalian 2 tingkat per tahun maka penawaran pinjaman pedro akan bagus untuk pinjaman bisnis Anda dan beberapa jenis pinjaman lain yang ingin Anda ajukan selama Anda tahu bahwa Anda dapat melakukannya pengembalian yang baik kembali sesegera mungkin kemudian hubungi mr pedro di pedroloanss@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel