Top Ads

Membuat Rencana Bisnis Internet

Membuat Rencana Bisnis Internet
Membuat Rencana Bisnis Internet
Rencana bisnis sebenarnya tidak perlu terlalu kompleks. Apa pun model bisnis yang ingin anda lakukan, poin-poin yang perlu anda dimasukan dalam rencana bisnis kurang lebih sama. Dalam membuat rencana bisnis, kami lebih memikirkan kepraktisan daripada kesempurnaan. Oleh sebab itu, kami tidak mengikuti standar baku pembuatan rencana bisnis. Poin-poin itu bisa saja berubah atau bertambah di kemudian hari jika memang diperlukan. Adapun poin-pon itu sebagai berikut :

1) Business Summary

Di bagian ini, anda dapat menjelaskan bisnis anda secara singkat. Apa yang dikerjakan oleh bisnis anda, bagaimana bisnis anda enghasilkan revenue atau penghasilan, siapa target pasar anda, dan apa tujuan atau sasaran yang ingin dicapai. Jadi,  seandainya ingin membuat toko online yang menjual lingerie atau pakaian dalam wanita, di bagian ini, anda bisa menuliskan kalimat " Membuat toko online yang menjual lingerie atau pakaian dalam untuk pasar Indonesia. lingerie yang dijual adalah produk impor bermerek dari hogkong dan china. Tujuan atau sasaran yang ingin dicapai adalah menjadi tempat tujuan utama dalam membeli lingeriesecara online di Indonesia

2) Competition Analysis

Di bagian ini anda menuliskan hasil analisis anda terhadap semua kompetitor utama anda. Dalam bisnis, untuk unggul, anda perlu menjadi pionir atau yang lebih baik daripada pesaing anda. Maka anda perlu menganalisis dan mempelajari kompetitor anda antara lain dalam hal
  • Kualitas produk yang mereka jual
  • Siapa target pasar mereka
  • Cara mereka menampilkan produk di website
  • Apakah cara mengorder barang mereka mudah dan sederhana ataukah sulit dan membingungkan?
  • Content atau penjelasan apa saja yang mereka berikan
  • Bagaimana mereka membangun kepercayaan pengunjung agar mau mebeli
  • Apakah ada testimoni dari customer
  • Apakah ada garansi uang kembali
  • Bagaimana kualitas tanggapan dan layanan customer service mereka terhadap pertanyaan prospek atau pengunjung mereka
  • Apakah ada nomor telepon yang bisa dihubungi
  • Apa kelebihan toko online kompetitor A dibandingkan dengan kompetitor lainnya.
3) USP ( Unique Selling Proposition )

Setelah melakukan analisis mendalam tentang pesaing, anada perlu menentukan USP ( Unique Selling Proposition ) bisnis anda. Sebenarnya apa itu USP ? USP yaitu cara anda untuk lebih unik, lebih unggul,  dan lebih diingat oleh orang lain daripada pesaing anda. Kalau anda tidak punya USP, anda berarti sama saja dengan yang lainnya. Dalam bisnis, jika anda tidak berbeda dengan yang lain, nasib anda hanya satu yaitu dilupakan.

Setelah menetukan USP bisnis anda, anda perlu mengkomunikasikannya di website anda sehingga prospek dan pengunjung mengetahui keuninkan toko onlen anda. Tidak ada gunanya menentukan USP tetapi prospek atau pengunjung website anda tidak mengetahuinya.

4) Website Development Plant

Dibagian ini, anda perlu menuliskan semua hal yangberhubungan dengan pembuatan website, terutama dalam hal desain dan coding. Jika anda masih baru dalam hal pengembangan website, ini mungkin adalah bagian yang sulit dalam perencanaan bisnis anda. Jika anda punya teman yang berpengalaman, berrdiskusilah dengannya dalam menyusunn pengembangan website. Berikut beberapa hal yang perlu dituangkan dalam bagian ini
  • Siapa yang akan mengerjakan desain ?
  • Berapa budget yang disediakan untuk pembuatan website ?
  • Siapa yang akan menjalankan pemrograman ?
  • Berapa lama waktu yang dialokasikan untuk pembuatan website ?
  • Bagaimana tata letak website ?
  • Apakah website dibuat dengan wordpress atau aplikasi open source lainnya ?
  • Jika anda membuat toko online, perangkat lunak shopping cart apa yang akan anda gunkan?
  • Bagaimana cara pembayaran di website anda ?
  • Bagaimana cara pada dan pukul berapa prospek atau customer bisa menghubungi customer service di website anda ?
  • Dan hal-hal lain yang berkenaan dengan membangun website.
5) Content Development Plant

Website yang bagus adalah yang up-to-date. Maka uraikan hal-hal berikut ini
  • Siapa yang membuat isi website pertama kali ?
  • Siapa yang akan meng up-date ini website secara kontinue ?
  • Dari mana sumber isi website ?
  • Seberapa sering isi website di up-date ?
  • Berapa budget yang dikeluarkan untuk mengisi website setiap bulan ?
  • Apakah di website disediakan blog ?
  • Apakah di website disediakan forum ? siapa yang menjadi moderatonya ?
  • Dan lainnya
6) Traffic Generation Plant

Dalam bagian ini, anda membuat rencana tentang bagaimana menciptakan traffic atau mendatangkan visitor ke website anda. Bagian ini sangat penting karna tanpa trafic, website anda tidak bermanfaat. Jika masih baru dalam bisnis internet, anda mungkin juga sulit mengerjaka bagian ini. Berikiut ini adalah beberapa hal yang perlu anda uraikan dalam bagian ini
  • Apakah anda mengutamakan penggunaan strategi Free Trafic ?
  • Strategi trafic apa saja yang akan diterapkan ?
  • Aapakah anda sendiri yang akan menjalankan strategi untuk mendatangkan trafic ataukah anda akan mengalihdayakannya ke pihak ketiga ?
  • Berapa budget yang dialokasikan  untuk trafic generation setiap bulan ?
  • Bagaimana sistem tracking dan statistik yang diterapkan sehingga anda bisa mengetahui berapa banyak traffic dari setiap sumber ?
  • Dan hal-hal lainnya
7) Financial Plant

Setelah membaca bagin sebelumnya, andat setidaknya sudah mendapatkan gambaran tentang dana yang diperlukan untuk setiap bagian. Misalnya, biaya pembuatan website, webhosting, dan lainnya. Baagian ini merupakan ringkasasn dari perkiraan dana yang anda perlukan. Dan yang lebih penting, anda juga menjabarkan soal dari mana anda akan mendapatkan dana tersebut, apakah dari tabungan anda sendiri, dari pinjaman pihak ketiga, ataukah dari investor ?

Jika anda tidak punya uang untuk membangun bisnis internet. Perlu anda ingat bahwa selalu ada cara untuk membangun bisnis anda selama anda punya rencana yang jelas. Jangan biarkan halangan itu menghentikan anda. Anda akan terkejut bahwa apapun bisa saja terjadi apabila anda terus maju dengan semangat. Mungkin tiba-tiba akan muncul cara atau orang yang memberikan dana yang anda butuhkan. Jadi jangan menyerah dengan halangan yang ada.

BACA JUGA

1) 5 Katagori Model Bisnis di Internet
2) Strategi dan Model dalam Bisinis Affiliate Marketing
3) Tips Memilih Model Bisnis Online Terbaik Bagi Anda
4) Mengenal 3 Jenis Kompensasi dalam Affiliate Marketing
5) Kesalahan Umum Dalam Memilih Niche Untuk Website
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Membuat Rencana Bisnis Internet "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel