Top Ads

Pengertian Rasio Profitabilitas

Pengertian Rasio Profitabilitas
Pengertian Rasio Profitabilitas
Tujuan yang ingin dicapai dari suatu perusahaan yang terpenting yaitu memperole laba atau keuntungan yang maksimal, di samping hal-hal yang lainnya. Dengan memperoleh laba yang maksimal seperti yangtelah di targetkan, perusahaan dapat berbuat banyak bagi kesejahteraan pemilik, karyawan, serta meningkatkan mutu produk dan melakukan investasi baru. Oleh karna itu, manajemen perushaan dalam praktiknya dituntut harus mampu untuk memenuhi target yang telah ditetapkan. Artinya besarnya keuntungan haruslah dicapai sesuai dengan yang diharapkan bukan berarti asal untung. Untuk mengukur tingkat keuntungan suatu perusahaan, digunakan rasio keuntungan atau rasio profitabiliatas yang dikenal juga dengan nama rasio rentabilitas.

Rasio profitabilitas merupakan rasio untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan. Rasio ini juga memberikan ukuran tingkat efektivitas manajemen suatu perusahaan. Hal ini ditunjukan oleh laba yang dihasilkan dari penjualan dan pendapatan investasi. Intinya yaitu penggunaan rasio ini menunjukan efisiensi perusahaan.

Penggunaan rasio profitabilitas dapat dilaksanakan dengan menggunakan perbandingan antara berbagai komponen yang ada di laporan leuangan, terutama laporan keungangan neraca  dan laporan laba rugi. Pengukuran dapat dilakukan untuk beberapa periode operasi. Tujuanya adalah agar terlihat perkembangan perushaan dalam rentan waktu tertentu, baik penurunan atau kenaikan, sekaligus mencari penyebab perubahan tertentu.

Hasil pengukuran tersebut dapat dijadikan alat evaluasi kinerja manajemen selama ini, apakah mereka telah ekerja secara efektif atau tidak. Jika berhasil mencai target yang telah ditentukan, mereka dikatakan telah berhasil mencapai target untuk periode atau beberapa periode. Namun, sebaliknya jika gagal atau tidak berhasil mencapai target yang telah ditentukan, ini akan menjadi pelajaran bagi manajemen untuk periode ke depan. Kegagalan ini harrus diselidiki di mana letak kesalahan dan kelemahannya sehingga kejadian tersebut tidak terulang. Kemudian, kegagalan atau keberhasilan dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk perencanaan laba ke depan, sekaligus kemungkinan untuk menggantikan manajemen yang baru terutama setelah manajemen lama mengalami kegagalan. Oleh karna itu, rasio ini sering disebut salah satu alat ukur kinerja manajemen.


BACA JUGA
1) Tujuan Loaporan Keuangan
3)  4 Perencanaan Pembuatan Sebuah Pabrik


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Pengertian Rasio Profitabilitas"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel