Top Ads

Pemeriksaan Laporan Keuangan

Dalam praktiknya laporan keuangan yang telah disusun perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Tujuannya yaitu agar laporan keuangan tersebut benar-benar dapat dipertanggungjawabkan kepada berbagai pihak, baik kepaa pemilik maupun pihak luar perusahaan. Artinya segala sesuatu yang berhubungan dengan aktifitas perusahaan ilaporkan secara benar sehingga berbagai pihak yang membutuhkan informasi tentang keuangan perusahaan dapat membaca dan menganalisis dari laporan keuangan yang telah diperiksa kebenarannya. Di samping itu, pihak yang mengaudit laporan keuangan perusahaan juga harus merupakan lembaga resmi yang telah ditetapkan, terutama untuk kepentingan pihak-pihak di luar perusahaan.

Dalam praktiknya pemeriksaan laporan keuangan dapat dilakukan oleh dua pihak, yaitu
  1. Pihak dalam ( intern ) perusahaan
  2. Pihak luar ( ekstrn ) perusahaan
Pemriksaan laporan keuangan yang pertama oleh intern perusahaan, artinya oleh pemeriksaan yang memang sudah disiapkan pihak perusahaan. Dalam hal inimereka dapat memperoleh data secara bebas sesuai dengan data aslinya. Pemeriksaan sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalama pembuatan laporan keuangan pasti terdapat kekurangan, baik yang disengaja maupun yang tidak. Oleh karna itu, pemeriksaan oleh intern perusahaan yang sangat penting dilakukan sebelum dilakukan oleh pihak luar perusahaan.

Pemeriksaan oleh pihak luar perusahaan dilakukan oleh akuntan publik yang sudah memperoleh izin. Akuntan akan memberi penilaian setelah meneliti dengan standar dan prosedur pemeriksaan yang lazim. Pendapat wajar atau tidak wajar akan diberika apabila laporan keuangan disusun telah sesuai dengan prinsip-prinsip akutansi yang lazim dan telah ditetapkan secara konsisten dari tahun ke tahun. Dengan demikian, laporan ini dapat digunakan oleh pihak-pihak yang berkepntingan untuk mengambil keputusan.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

1 Response to "Pemeriksaan Laporan Keuangan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel