Top Ads

Penentuan Lokasi Suatu Pabrik ( Plant Location )

Penentuan Lokasi Suatu Pabrik ( Plant Location )
Penentuan Lokasi Suatu Pabrik ( Plant Location )
Lokasi penting bagi perusahaan, karena akan mempengaruhi kedudukan perusahaan dalam persaingan dan menentukan kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Tetapi banyak perusahaan kurang memperhatikan pentingnya lokasi perusahaan atau pabrik. Biasanya jika ada kesempatan untuk mendirikan perusahaan di suatu tempat atau daerah, maka pengusaha atau pemilik akan mendirikan perusahaannya di daerah  atau di tempat itu. Sehingga banyak perusahaan yang didirikan tanpa pertimbangan-pertimbangan lokasi yang ekonomis, mengalami kesulitan dalam menjaminkelangsungan hidupnya. Hal ini terutama karena perusahaan tersebut beroperasi secara tidak efektif dan efisien, sehingga biaya produksi barang-barang hasil perusahaan ini menjadi tinggi. Akibatnya perusahaan tersebut sulit untuk mempertahankan diri dalam persaingan  barang-barang hasilnya dipasaran. Oleh karna itu banyak perusahaan seperti ini yang mengalami kerugian yang terus menerus dan bahkan ada yang sudah bangkrut  dan ditutp atau tidak beroperasi lagi setelah didirikan.

Sebenarnya penetuan lokasi perusahaan atau pabrik tidaklah semudah seperti apa yang dikatakan di atas. Hal ini karena banyak faktor lain yang perlu diperhatikan dalam penentuan lokasi tersebut, dan tempat atau lokasi terebut harus mempunyai keuntungan untuk jangka panjang termasuk pertimbangan akan kemungkinan untuk memperbesar atau memperlas pabrik pada masa yang akan datang. Apabila pabrik tersebut perlu dperbesar atau diperluas dikemudian hari, sedangkan tempat atau tanah yang tersedia kecil sehingga tidak memungkinkan untuk diperbesar, maka keadaan ini akan menimbulkan persoalan penempatan pabrik yang baru. Dalam hal ini ada dua kemungkinana, yaitu apakah pabrik yang lama ditutup dan seluruhnya dipindahkan ke tempat yang baru atau pabrik yang lama dipertahankan untuk tetap beroperasi, sedang di tempat yang baru didirikan pabrik baru sebagai tambahan. Bila pabrik yang lama tetap dipertahankan dan didirikan pabrik baru sebagai tambahan, maka akan menimbulkan kesukaran karena selain biayanya menjadi besar sebab adanya "doble equipment", juga koordinasinya lebih sulit.

Perlu ditambahkan lagi, bahwa banyak perusahaan atau pabrik menderita rugi terus-menerus karena operasinya tidak efektif dan efisien yang disebabkan oleh penentuan lokasi perusahaan atau pabrik tersebut yang salah. Kadang-kadang terjadi bahwa penentuan lokasi suatu perusahaan atau pabrik hanya sangat menonjolkan perhatiannya pada satu aspek saja yaitu aspek kemanusiaan sosial dan polois, dan kurang memperhatikan aspek ekonomisnya dan teknisnya.

Tujuan penentuan lokasi suatu perusahaan atau pabrik dengan tepat ialah untuk dapat membantu perusahaan atau pabrik beroperasi atau berproduksi dengan lancar, efektif dan efisien. Ini berarti bahwa dalam menentukan lokasi perusahaan atau pabrik perlu diperhatikan foktor-faktor yang mempengaruhi besar biaya produksi dan biaya distribusi dari barang-barang atau jasa-jasa yang dihasilkan sehingga biaya-biaya ini dapat menjadi serendah mungkin. Akan tetapi hal ini hendaknya sekaligus dapat memenuhi sasaran penjualan dalam arti dapat menyediakan dan menyerahkan barang-barang tepat pada waktunya dengan jumlah, kualitas serta harga yang layak dan masih dapat memperoleh keuntungan. Dengan adanya penetuan lokasi suatu perusahaan atau pabrik yang tepat atau baik, akan menentukan :
  • Kemampuan melayani konsumen dengan memuaskan
  • Mendapatkan bahan-bahan mentah yang cukup dan kontinue dengan harga yang layak atau memuaskan
  • Mendapatkan tenaga buruh yang cukup
  • Memungkinkan diadakannyaperluasan pabrik di kemudian hari
Walaupun lokasi suatu perusahaan atau pabrik sudah cukup baik untuk suatu jangka waktu tertentu atau pada saat sekarng ini, akan tetapi mungkin timbul masalah plant location yang baru di kemudian hari disebabkan :

  • Berubahnya adat kebiasaan masyarakat
  • Berpndahnya pusat-pusat penduduk dan perdagangan
  • Adanya jaringan komunikasi dan pengangkutan yang lebih baik 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Penentuan Lokasi Suatu Pabrik ( Plant Location )"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel