Top Ads

Pengartian Analisis Laporan Keuangan

Setelah laporan keuangan disusun berdasarkan data yang relavan, serta dilakukan dengan prosedur akutansi dan penialain yang benar, akan terlihat kondisi keuangan perusahaan sebelumnya. Kondisi keuangan yang dimaksud adalah diketahuinya berapa jumlah harta, kewajiban serta modal dala neraca yang dimiliki. Kemudian, juga akan diketahui jumlah pendapatan yang diterima dan jumlah biaya yang dikeluarkan selama periode tertentu. Dengan demikian,  dapat diketahui bagaimana hasil usaha ( laba atau rugi ) yang diperoleh selama periode tertentu dari laporan laba rugi yang disajikan.

Pengartian Analisis Laporan Keuangan
Pengartian Analisis Laporan Keuangan
Agar laporan keuangan keungan lebih berartisehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh berbagai pihak, perlu dilakukan analisis keuangan. Bagi pihak pemilik dan manajemen, tujuan utama analisis laporan keuangan adalah agar dapat mengethui posisi keuangan perusahaan saat ini. Dengan mengetyahui posisi keuangan, akan terlihat apakah perusahaan dapat mencapai target yang telah direncanankan sebelumnya atau tidak.

Hasil analisis laporan keuanganjuga akan memberikan informasi tentang kelemahan dan kekuatan yang dimiliki perusahaan.  Dengan mengetahui kelemahan ini, manajemen akan dapat memperbaiki atau menutupi kelemahan tersebut. Kemudian, kekuatan yang dimiliki perusahaan harus dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. Kekuatan ini dapat dijadikan modal selanjutnya ke depan. Dengan adanya kelemahan dan kekuatan yang dimiliki, akan tergambar kinerja manajemen selama ini.

Pada akhirnya bagi pihak pemilik dan manajemen, dengan mengetahui posisi keuangan dapat merencanakan dan mengambil keputusan yang tepat tentang apa yang harus dilakukan ke depan. Perencanaan ke depan dengan cara menutupi kelemahan yang ada, mempertahankan posisi  yang sudah sesuai dengan yang diinginkan dan berupaya untuk meningkatkan lagi kekuatan yang sudah diperoleh selama ini.

Analisis laporan keuangan perlu dilakukan secara cermat dengan menggunakan metode dan teknik analisis yang tepat sehingga hasil yang diharapkan benar-benar tepat pula. Kesalahan dalam memasukan angka atau rumus dapat berakibat pada tidak akuratnya hasil yang hendak dicapai. Kemiudian, hasil perhitungan tersebut, dianalisis dan diinterpretasikan sehingga diketahui posisi keuangan yang sesungguhnya. Kesemuanya ini harus dilakukan secara teliti, mendalam, dan jujur.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Pengartian Analisis Laporan Keuangan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel