Top Ads

Peran Managemen Audit Pada Fungsi Operasional Dalam Perusahaan

Setaip perusahaan perlu melakukan Managemen Audit pada fungsi operasionalnya, untuk dapat menyakinkan apakah fungsi operasional perusahaan telah dilaksanakan sesuai dengan upaya yang tepat dan memadai untuk mencapai tujuan perusahaan dan sekaligus memberikan saran untuk meningkatkan keberhasilan dalam mencapai tujuan tersebut. Dalam rangka ini, maka perlu perusahaan dalam menjalankan bisnis atau usahanya, melakukan kegiatan yang mencakup dalam dua fungsi utamanya yaitu pemasaran dan operasi atau produksi,di samping fungsi penunjang utama bisnis perusahaan itu, yaitu keungan, sumber daya manusia, dan informasi. Peran fungsi operasional dalam perusahaan adalah untuk meningkatkan kegunaan dari masukan yang berupa tenaga dan keterampilan, bahan dan peralatan, dana serta informasi, menjadi barang suatu jasa yang siap dipasarkan oleh perusahaan tersebut kepada konsumen atau pemakainya.
Peran Managemen Audit Pada Fungsi Operasional Dalam Perusahaan
Peran Managemen Audit Pada Fungsi Operasional Dalam Perusahaan
Pelaksanaan Managemen Audit dalam suatu perusahaan haruslah diarahkan pada pencapaian tujuan dan sasaran dari Managemen Audit tersebut. Tujuan dari Managemen Audit adalah untuk mengetahui apakah prestasi manajemen perusahaan tersebut telah sesuai dengan ketentuan, kebijakan dan peraturan yang ada dalam perusahaan ini, serta untuk mengetahui apakah prestasi manajemen perusahaan telah lebih baik daripada masa sebelumnya, dan untuk dikelola secara ekonomis, efisien dan efektif. Keefektifan Managemen Audit pada fungsi operasional suatu perusahaan sangat ditentukan dari keberhasilan pencapaian sasaran yang diharapkan dari Managemen Audit tersebut. Tujuan dan sasaran yang diharapkan adalah agar kegiatan operasional dapat dijalankan perusahaan, dapat sesuai dengan ketentuan dan kebijakan yang telah dapat dan dapat bekerja secara produktif, ekonomis, efektif dan efisien.

Semua kegiatan operasional dalam perusahaan haruslah didasarkan pada standar-standar yang berupa prosedur dan rencana yang disusun dalam rangka mencapai sasaran yang diharapkan dalam pengelolaan prusahaan umumnya dan pengelolaan bidang operasional khususnya. Dalam bidang operasional, sasaran yang diharapkan adalah tepat jumlah, tepat mutu, tepat dari hasil produksi atau operasi dan dengan biaya rendah. Oleh karena itu pelaksanaan Managemen Audit pada fungsi operasional dalam suatu perusahaan, haruslah menunjang pencapaian sasaran tersebut, terutama dapat memperoleh keyakinan bahwa fungsi operasional telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berupa rencana atau standar yang digunakan, dan bila terjadi penyimpangan, saran-saran apa yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Peran Managemen Audit Pada Fungsi Operasional Dalam Perusahaan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel