Top Ads

Peran Manajemen Produksi Strategis

Setiap perusahaan menjalankan kegiatan usaha dengan menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan tersebut merupakan kegiatan produksi. Yang dimaksu dengan produksi adalah kegiatan trasnformasi masukan ( input ) menjadi keluaran ( output ). Untuk mencapai tujuan dan sasaran di bidang produksi perusahaan-perusahaan tersebut melakukan kegiatan manajemen prosuksi. Dengan manajemen prosuksi dimaksudkan adalah kegiatan mengoordinasikan penggunaan sumber-sumber daya untuk mencapai tujuan mentrasformasikan masukan menjadi keluaran secara efektif dan efisien.

Peran Manajemen Produksi Strategis
Peran Manajemen Produksi Strategis
Dalam mengoordinasikan kegiatan produksi untuk mencapai tujuan dan sasaran di bidang produksi, maka manajemen prosuksi perusahaan harus mengambil keputusan yang tepat. Keptusan yang diambil dalam manajemen prosuksi mencangkup rangkain keputusan yang dapat dibedakan atas :
1) Keputusan dalam perancangan atau set-up sistem produksi, yang meliputi : desain produksi,desain proses, dan pemilihan teknologi dan mesin, lokasi dan site, bangunan gedung, lay out peralatan, sistem pengadaan bahan baku dan persediaan, sistem informasi manajemen produksi dan lain-lain
2) Keputusan dalam pengoprasian sistem produksi, yang meliputi : perencanaan produksi, pengendalian produksi, pengendalian persediaan, pengendalian mutu, meintanance dan lain-lain
Dengan mengelola dan memanajeni unit produksi selau digunakan suatu dasar pemikiran atau konsep keseimbangan dan konsep optimal. Kedua konsep ini menekankan pentingnya efisiensi, di mana konsepkeseimbangan mendasarkan pada kondisi yang tidak seimbang menimbulkan adanya inefisiensi.

Sebagai contoh dalam hal ini apabila mesin-mesin atau peralatan produksi yang terdapat tidak seimbangkapasitasnya, akan menimbulkan adanya pemborosan karena adanya kapasitas yang tidak digunakan. Hal ini kita kenal dengan prisnsip " Balance capacity ". Konsep optimasi juga mendasarkan pada prinsip efisiensi, dimana tingkat efisiensi yang paling tinggi dicapai pada titik optimum kerena telah mempertimbangkan kendala-kendala yang ada. Keberhasilan suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh peranan manajemen prosuksi dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Peranan manajemen produksi sangat penting dalam perusahaan, disebabkan oleh dua hal
1)  Bidang produksi merupakan salah satu dari empat fungsi bisnis perusahaan, disamping pemasaran, keuangan dan personalia. Bidang produksi bersama-sama dengan pemasaran merupakan dua fungsi bisnis utama perusahaan, sedangkan keuangan dan personalia merupakan dua fungsi penunjang utama dalam bisnis perusahaan. Oleh karenanya pengelolaan atau manajemen produksi akan menentukan keberhasilan suatu usaha perusahaan
2) Bidang produksi merupakan bidang yang menentukan atau berpengaruh terhadap tinggi rendahnya biaya produksi dari suatu barang, dan akhirnya menetukan harga pokok penjualan suatu barang serta menentukan atau berpengaruh terhadap tinggi rendahnya tingkat keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan. Oleh karenanya dalam peningkatan efisiensi terutama yang diutamakan atau yang disoroti adalah bidang produksi, dengan salah satu upaya adalah peningkatan produktifitas.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Peran Manajemen Produksi Strategis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel