Top Ads

Pengaruh Bahan Makanan Tambahan Buatan Terhadap Kesehatan

Jika kita perhatiakan jajanan yang umumnya di jual di pasar, sekolahan, dan di tempat-tempat ramai lainnya. Mungkin jajanan makanan tersebut terdapat warna yang kemungkinan besar terbuat dari bahan pengawet makanan atau dalam istilah ilmu pengatahuan alam di sebuat zat aditif. Bahan makanan tersebut memamang merupakan bahan tambahan makanan, tapi jikan di konsumsi dalam jumlah banyak akan mengkibatkan penyakit yang berbahaya.

Bahan pewarna dapat membuat makanan menjadi lebih menarik. Bahan pwarna ada dua macam yakni bahan pewarna alami dan bahan pewarna buatan. Bahan pewarna alami berasal dari tumbuhan seperti daun suji yang dapat menghasilkan warna hijau, sementara wortel dan kunyit menghasilkan warna kuning.

Bahan pewarna alami tidak berbahaya bagi tubuh kita. Berbeda dengan pewarna buatan akan berbahaya untuk tubuh kita jika di konsumsi terus-menerus, bahan pewarna buatan tersebut dapat meracuni tubuh kita. Bahan pewarna buatan dihasilkan di pabrik dan pewarna lebih terang dari bahan pewarna alami.

Selanjutnya bahan makanan tambahan berpengawet. Bahan makanan berpengawet dapat membuat makanan menjadi lebih tahan lama. Contoh bahan makanan berpengawet banyak sekali kita jumpai seperti makanan-makanan siap saji yang sering kita lihat di toko-toko. Berbada dengan bahan pengawet seperti garan dan gula merupakan bahan pengawet alami, garam digunakan untuk mengawetkan ikan asin. Sementara gula dapat digunakan untuk mengawetkan buah-buahan.

Walaupun dapat bertahan lebih lama, makanan yang diawetkan tetap akan membusuk. Makanan yang sudah membusuk berbahaya bagi kesehatan. Tanggal kadaluarsa merupakan petunjuk kapan makanan atau minuman kemasan mulai membusuk.

Jenis bahan makanan selanjutnya adalah bahan penyedap. Bahan penyedap digunakan untuk lebih melezatkan masakan. Merica, ketumbar, dan bawang putih merupakan contoh bahan penyedap alami. Bahan penyedap alami umumnya tidak membusuk kesehatan.

Vetsin adalah bahan penyedap buatan. Pemakaian bahan makanan tambahan buatan secara terus menerus dengan jumlah berlebihan dapat mengganggu kesehatan. Karena zat ini terbuat dari bahan kimia. Salah satu contoh penyakit berbahaya yang mungkin timbul adalah penyakit kanker. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati jika menggunakan bahan makanan tambahan buatan.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Pengaruh Bahan Makanan Tambahan Buatan Terhadap Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel