Top Ads

Pengertian Pengawasan Mutu ( Quality Control )

Kebutuhan akan pengawasan mutu timbul setelah revolusi industry. Oleh karena proses produksi dikerjakan dengan mesin, maka menimbulkan dua persoalan yaitu

1) Penggunaan mesin mulai menggantikan atau mengurangi kebutuhan dan penggunaan tenaga-tenaga atau tukang-tukang yang mempunyai keahlian yang tinggi.

2) Produksi barang-barang secara besar-besaran saling memerlukan pertukaran, sehiingga selanjutnya dibutuhkan keseragaman dari komponen-komponen untuk memudahkan merakitnya.

Agar supaya produksi dapat berjalan lancer, maka orang-orang dipekerjakan untuk menyortir pekerjaan yang tak memuaskan dan menyingkirkan ke suatu tempat. Pada saat inilah mulai dikenal pengawasaan mutu. Aka tetapi dengan berkembangnya mekanisasi lebih maju, maka keadaan dunia industry tidak beraturan dan para pengusaha atau produsen telah kurang perhatiannya untuk menghasilkan barang-barang yang bermutu. Sehingga timbullah anggapan bahwa petugas-petugas yang melaksanakan pengawasan merupakan penghalang bagi para pekerja dan supervisor untuk dapat melaksanakan kegiatan produksi. Akan tetapi dengan perkembangan produksi yang semakin baik serta penerangan dan komunikasi yang semakin maju maka keadaan tersebut menjadi berubah, di mana peranan pengawasan mutu mulai dirasakan pentingnya dan mulailah dicari prosedur-prosedur pengawasan mutu yang lebih baik.

Adapun yang dimaksud dengan pengawasan mutu adalah kegiatan untuk memastikan apakah kebijaksanaan dalam hal mutu ( standar ) dapat tercermin dalam hasil akhir. Dengan perkataan lain pengawasan mutu merupakan usaha untuk mempertahankan mutu atau kualitas dari barang yang dihasilkan, agar sesuai dengan spesifikasi produk yang telah ditetapkan berdasarkan kebijakan pimpinan perusahaan. Dalam pengawasan mutu ini, semua prestasi barang dicek menurut standar, dan semua penyimpangan-penyimpangan dari standar dicatat serta dianalisis dan semua penemuan-penemuan dalam hal ini digunakan sebagai umpan balik ( feed back ) untuk para pelaksana sehingga mereka dapat melakukan tindakan-tindakan untuk produksi pada masa-masa yang akan datang
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Pengertian Pengawasan Mutu ( Quality Control )"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel