Top Ads

Pentingnya Perawatan Kesehatan Manusia

Kesehatan manusia perlu dijaga agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Manusia, terutama anak balita, mudah terserang penyakit. Hal ini terjadi karena sistem pertahanan tubuh anak balita belum bekerja secara sempurna. Sistem pertahanan tubuh berfungsi untuk melawan kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Salah satu upaya untuk menjaga agar anak balita tetap sehat adalah membawa anak balita ke balaibalai pengobatan. Balai pengobatan yang dapat dituju, antara lain, posyandu, puskesmas, rumah sakit, rumah praktek dokter, atau balai kesehatan masyarakat. Di dalam balai pengobatan tersebut, anak balita akan diperiksa kesehatannya dan/atau diimunisasi.

Imunisasi adalah suntikan kekebalan terhadap suatu penyakit. Contoh imunisasi yang biasanya diberikan, antara lain imunisasi BCG, imunisasi DPT, imunisasi polio, dan imunisasi campak. Imunisasi BCG berguna mencegah penyakit TBC. Imunisasi DPT berguna mencegah penyakit dipteri, batuk rejan, dan tetanus. Imunisasi polio berguna mencegah penyakit polio. Imunisasi campak berguna mencegah penyakit campak. Pemberian imunisasi biasanya dilaksanakan di posyandu yang terdapat di setiap kecamatan.

Selain pemberian imunisasi, pelayanan kesehatan lain yang diadakan di posyandu adalah penimbangan berat badan, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan kesehatan. Hasil penimbangan berat badan anak balita dicatat di dalam KMS (Kartu Menuju Sehat).

Berdasarkan data yang ditulis di dalam KMS akan dapat diketahui perkembangan berat badan anak balita setiap bulan. Dengan demikian, dapat diketahui apakah berat badannya cenderung naik, tetap, atau turun pada setiap bulannya.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Pentingnya Perawatan Kesehatan Manusia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel