Top Ads

Mengenal Analisis Laba Kotor

Analisis laba kotor yaitu analisis yang digunakan untuk mengetahui jumlah laba kotor dari periode ke satu periode. Kemudian juga untuk mengetahui sebab-sebab berubahnya laba kotor tersebut antara periode.
Mengenal Analisis Laba Kotor
Mengenal Analisis Laba Kotor

Data yang dibutuhkan untuk analisis laba kotor adalah
  1. Target yang telah ditetapkan
  2. Pencapaian hasil laba pada periode tersebut
  3. Laba pada beberapa periode sebelumnya
Perubahan yang terjadi laba kotor disebabkan dua faktor yaitu
  1. Penjualan
  2. Harga pokok penjualan
Sementara itu penjualan dipengaruhi oleh
  1. Harga jual
  2. Jumlah barang yang dijual
Kemudian harga pokok penjualan dipengaruhi oleh
  1. Harga pokok rata-rata
  2. Jumlah barang yang dijual
Dapat disimpulkan bahwa perubahan laba kotor disebabkan oleh empat faktor seperti
  1. Berubahnya harga jual
  2. Berubahnya jumlah barang yang dijual
  3. Berubahnya harga pokok penjualan
  4. Berubahnya jumlah barang yang dijual
Manfaat yang dapat diperoleh dari analisis laba kotor adalah
  1. Untuk mengetahui penyebab turunya harga jual
  2. Untuk mengetahui penyebab naiknya harga jual
  3. Untuk mengetahui penyebab turunnya harga pokok penjualan
  4. Untuk mengetahui penyebab naiknya harga pokok penjualan 
  5. Sebagai bentuk pertanggungjawaban bagian penjualan akibat naik turunnya harga jual
  6. Sebagai bentuk pertanggungjawaban bagian produksi akibat naik turunnya harga pokok
  7. Sebagai salah satu alat ukur untuk menilai kinerja manajemen dalam suatu produk
  8. Sebagai bahan untuk menentukan kebijakan manajemen ke depan dengan mencermati kegagalan atau kesuksesan pencapai laba kotor sebelumnya
 Faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan laba kotor adalah
  1. Volume penjualan tahun sebelumnya
  2. Harga jual periode sebelumnya
  3. Kecenderungan permintaan terhadap produk yang ditawarkan dari tahun ke tahun
  4. Kondidi persaingan baik lokal maupun internasional
  5. Kecenderungan inflasi secara umum
  6. Kondisi perekonomian pemerintah dan masyarakat
  7. Kecenderungan perubahan selera masyarakat
  8. Bujet promosi yang harus dianggarkan

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Mengenal Analisis Laba Kotor"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel