6 Strategi Menjalankan Usaha
Dalam menjalankan usaha memerlukan berbagai strategi pilihan, terutama bagi perusahaan atau usaha baru, strategi menjadi jantung kehidupan dari usaha tersebut. Suatu strategi disusun berdasarkan hasil dari analisis dan informasi yang ada di pasar. Dalam menjalankan suatu usaha baru, terdapat berbagai jenis strategi yang dapat diterapkan dalam usaha tergantng dari kemampuan pengusaha, kondisi usaha serta jenis usaha yang dijalankan.
1) Strategi Produk
Strategi pertama yang harus direncanakan adalah strategi mengenai produk, karena yang nantinya diajuka ke konsumen atau pasar adalah produk yang dimiliki. Dalam perencanaan strategi produk terdapat beberapa hal yang perlu dianalisis, yaitu
Harga adalah nilai dari suatu produk yang merupakan kombinasi dari total biaya produksi dan tingkat keuntungan yang ingin diperoleh. Bagi konsumen, harga adalah indikator nilai dari produk yaitu perbandingan antara nilai guna produk dengan tingkat harga yang diberikan atau yang harus dibayar. Pertimbangan dalam penetuan tingkat harga tersebut diantaranya adalah
3) Strategi Untuk Produk Baru
Suatu produk baru harus dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap pertumbuhan pasar, selain itu juga untuk sedapat mengkin mencegah persaingan yang sengit, strategi penetapan harga suatu produk baru ada dua yaitu
a. Skimming price
Skimming price adalah menetapkan harga yang lebih tinggi dari rata-rata kesediaan untuk membayar, umumnya pada saat produk tersebut dalam tahap perkenalan
b. Penetration price
Penetration price adalah menetapkan harga pada tingkat yang relatif murah atau rendah pada awal daur hidup produk. Tujuannya adalah untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar dan mencegah adanya persaingan atau masuknya pesaing dalam usaha yang sama. Ada empat bentuk harga dalam Penetration price ini, yaitu
Pasar adalah suatu kondisi yang didalamya terdapat seluruh pelanggan yang potensial yang memiliki kebutuhan dan atau keinginan tertentu yang mana mereka bersedia dan sanggup untuk melibatkan diri dalam proses pertukaran guna memuaskan kebutuhan atau keinginan tersebut.
Dalam strategi seorang wirausaha harus dapat mengkondisikan pasar sesuai dengan karakteristik masing-masing sehingga dalam proses pemasaran prosuk dan menjalankan usaha dapat berjalan dengan lancar, pembagian pasar tersebut disebut segmenting, targeting dan positioning
a. Segmenting
Segmenting atau segmentasi adalah suatu langkah atau tindakanyang dilakukan oleh seorang penjual atau pengusaha dengan cara mengelompokan masyarakat atau konsumen ke dalam suatu perngkat-perangkat atau kelompok tertentu menurut karakteristik atau ciri-ciri tertentu dalam suatu pasar yang masih majemuk ke dalam suatu kelompok yang mohogen atau sejenis
b. Targeting
Targeting adalah suatu langkah yang ditempuh oleh seorang penjual atau pengusaha untuk menetukan bagia mana dari segmen pasar yang ada dan ingin dimasuki dengan produknya. Setelah konsumen dibagi menjadi beberapa kelompok atau segmen yang homogen, tindakan selanjutnya adalah memilih mana kelompok konsumen yang dianggap memiliki kelebihan dan peluang menerima produk yang ditawarkan dan mana yang tidak menjanjikan peluang pasar
Setelah dua pondasi penempatan produk di atas dilakukan oleh seorang penjual atau pengusaha maka langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah berusaha mendapat posisi dalam benak atau pikiran konsumen yang telah dipilih, jadi dalam langkah terakhir ini seorang penjual atau pengusaha harus mengarahkan segala kemampuannya dalam memposisikan produknya dimata masyarakat sebagai konsumen mereka.
5) Strategi Distribusi
Strategi distribusi secara umum adalah menyalurkan suatu produk baik berupa barang atau jasa ke tempat yang paling dekat dengan konsumen. Dalam ilmu pemasaran produk, distribusi merupakan salah satu fungsi pemasaran yang dapat memberikan nilai guna yang lebih baik terhadap suatu produk
Media promosi adalah cara-cara atau sarana atau alat-alat yang digunakan untuk melakukan promosi, beberapa sarana promosi tersebut adalah
6 Strategi Menjalankan Usaha |
Strategi pertama yang harus direncanakan adalah strategi mengenai produk, karena yang nantinya diajuka ke konsumen atau pasar adalah produk yang dimiliki. Dalam perencanaan strategi produk terdapat beberapa hal yang perlu dianalisis, yaitu
- Analisis situasi
- Penentuan tujuan produk
- Penentuan sasaran pasar atau produk
- Penentuan anggaran
- Penentuan strategi produk
- Evaluasi pelaksanaan strategi
Harga adalah nilai dari suatu produk yang merupakan kombinasi dari total biaya produksi dan tingkat keuntungan yang ingin diperoleh. Bagi konsumen, harga adalah indikator nilai dari produk yaitu perbandingan antara nilai guna produk dengan tingkat harga yang diberikan atau yang harus dibayar. Pertimbangan dalam penetuan tingkat harga tersebut diantaranya adalah
- Faktor internal : tujuan pemasaran perusahaan, strategi bauran pemasaran, dan biaya
- Faktor eksternal : sifat pasar dan permintaan, persaingan
BACA JUGA :
3) Strategi Untuk Produk Baru
Suatu produk baru harus dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap pertumbuhan pasar, selain itu juga untuk sedapat mengkin mencegah persaingan yang sengit, strategi penetapan harga suatu produk baru ada dua yaitu
a. Skimming price
Skimming price adalah menetapkan harga yang lebih tinggi dari rata-rata kesediaan untuk membayar, umumnya pada saat produk tersebut dalam tahap perkenalan
b. Penetration price
Penetration price adalah menetapkan harga pada tingkat yang relatif murah atau rendah pada awal daur hidup produk. Tujuannya adalah untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar dan mencegah adanya persaingan atau masuknya pesaing dalam usaha yang sama. Ada empat bentuk harga dalam Penetration price ini, yaitu
- Harga yang dikendalikan
- Harga eliminasi
- Harga promosi
- Harga tameng
Pasar adalah suatu kondisi yang didalamya terdapat seluruh pelanggan yang potensial yang memiliki kebutuhan dan atau keinginan tertentu yang mana mereka bersedia dan sanggup untuk melibatkan diri dalam proses pertukaran guna memuaskan kebutuhan atau keinginan tersebut.
Dalam strategi seorang wirausaha harus dapat mengkondisikan pasar sesuai dengan karakteristik masing-masing sehingga dalam proses pemasaran prosuk dan menjalankan usaha dapat berjalan dengan lancar, pembagian pasar tersebut disebut segmenting, targeting dan positioning
a. Segmenting
Segmenting atau segmentasi adalah suatu langkah atau tindakanyang dilakukan oleh seorang penjual atau pengusaha dengan cara mengelompokan masyarakat atau konsumen ke dalam suatu perngkat-perangkat atau kelompok tertentu menurut karakteristik atau ciri-ciri tertentu dalam suatu pasar yang masih majemuk ke dalam suatu kelompok yang mohogen atau sejenis
b. Targeting
Targeting adalah suatu langkah yang ditempuh oleh seorang penjual atau pengusaha untuk menetukan bagia mana dari segmen pasar yang ada dan ingin dimasuki dengan produknya. Setelah konsumen dibagi menjadi beberapa kelompok atau segmen yang homogen, tindakan selanjutnya adalah memilih mana kelompok konsumen yang dianggap memiliki kelebihan dan peluang menerima produk yang ditawarkan dan mana yang tidak menjanjikan peluang pasar
- Target utama
- Target ke dua atau cadangan
Setelah dua pondasi penempatan produk di atas dilakukan oleh seorang penjual atau pengusaha maka langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah berusaha mendapat posisi dalam benak atau pikiran konsumen yang telah dipilih, jadi dalam langkah terakhir ini seorang penjual atau pengusaha harus mengarahkan segala kemampuannya dalam memposisikan produknya dimata masyarakat sebagai konsumen mereka.
5) Strategi Distribusi
Strategi distribusi secara umum adalah menyalurkan suatu produk baik berupa barang atau jasa ke tempat yang paling dekat dengan konsumen. Dalam ilmu pemasaran produk, distribusi merupakan salah satu fungsi pemasaran yang dapat memberikan nilai guna yang lebih baik terhadap suatu produk
- Pertimbangan pasar
- Pertimbangan produk
- Pertimbangan perantara
- Pertimbangan perusahaan
Media promosi adalah cara-cara atau sarana atau alat-alat yang digunakan untuk melakukan promosi, beberapa sarana promosi tersebut adalah
- Personal selling
- Mass selling
- Promosi penjualan
- Publik relations
- Direct marketing
0 Response to "6 Strategi Menjalankan Usaha"
Post a Comment