6 Kriterian Penilaian Kelas Yang Harus Diketahui Guru
Validitas berarti menilai apa yang seharusnya dinilai dengan menggunakan alat yang sesuai untuk mengukur kompetensi. Dalam menyusun soalsebagai alat penilaian perlu memperhatikan kompetensi yang diukur dan menggunakan bahasa yang tidak mengandung makna ganda. Contohnya dalam pelajaran bahasa Indonesia seorang guru ingin menilai kompetensi berbicara, maka bentuk penilaian bersifat valid jika menggunakan tes lisan dan jika menggunakan tes tertulis maka penilaian tidak valid
2. Reliabilitas
Reliabilitas yakni berkaitan dengan konsistensi hasil penilaian. Penilaian yang konsisten memungkinkan perbandingan yang konsisten pula. Contohnya, guru menilai dengan proyek, penilaian akan konsisten jika hasil yang diperoleh itu cenderung sama bila proyek itu dilakukan lagi dengan kondisi yang relative sama. Untuk menjamin penilaian yang konsisten, petunjuk pelaksanaan proyek dan peskorannya harus jelas
3. Berfokus pada kompetensi
Berfokus pada kompetensi maksudnya yaitu dalam pelaksanaan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang berbasis kompetensi, penilaian harus berfokus pada pencapaian kompetensi namun bukan hanya pada penguasaan materi kognitif ( pengetahuan )
4. Komperhensif atau Menyeluruh
Komperhensif maksudnya yaitu penilaian harus menyeluruh dengan menggunakan beragam cara dan alat untuk menilai beragam kompetensi peserta didik, sehingga profil kompetensi peserta didik tergambarkan.
5. Objektivitas
Objektitifitas maksudnya yaitu penilaian harus dilaksanakan secara objektif. Oleh karena itu, penilaian harus adil, terencana, berkesinambungan, dan menerapkan criteria yang jelas dalam pemberian skor dengan objektif
6. Mendidik
Memdidik maksudnya yaitu penilaian dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran bagi guru dan meningkatkan kualitas belajar bagi peserta didik. Penilaian jangan sampai memberikan dampak negative pada rasa percaya diri peserta didik.
0 Response to "6 Kriterian Penilaian Kelas Yang Harus Diketahui Guru"
Post a Comment