Top Ads

Perencanaan Wirausaha dan Penjelasannya

Perencanaan usaha dapat digunakan sebagai alat pengawasan dan pengendalian usaha. Oleh karena itu, perencanaan harus dibuat oleh wirausaha sejak usaha didirikan. Adapun tujuan dibuatnya perencanaan usaha yaitu mendorong cara berpikir wirausaha jauh ke depan, mengoordinasi kegiatan usaha, mengawasi semua kegiatan usaha dan merumuskan tujuan usaha yang akan dicari 

A. Pemetaan dan Pemanfaatan Peluang Usaha 

Wirausaha yang kreatif adalah wirausaha yang cepat menangkap peluang - peluang yang muncul dari suatu kondisi lingkungan di sekitarnya, yang tidak pernah melewatkan waktunya dengan sia-sia. Orang yang kreatif akan memandang barang yang oleh orang kebanyakan dianggap tidak berguna, menjadi sangat berguna dan memiliki nilai jual

B. Analisis SWOT

Ketika seorang wirausahawan memasuki dunia pasar guna memasarkan produk atau barangnya, wirausahawan harus mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan langsung baik dari dalam.

Hal itu berupa stranght dan weakness maupun dari faktor luar yang berupa opportunity dan treat. Berikut penjelasan mengenal faktor - faktor tersebut

1. Strenght merupakan segala sesuatu yang menjadi keunggulan bagi produk kita yang belum tentu dimiliki pesaing barang yang sejenis dan tidak sejenis.

2. Weakness merupakan segala sesuatu yang menjadi titik lemah bagi produk yang kita lawan

3. Opportunity merupakan kesempatan yang didapatkan ketika produk kita dipasarkan ke dunia usaha

4. Threat merupakan ancaman atas eksistensi atau keberadaan produk yang kita tawarkan.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Perencanaan Wirausaha dan Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel