Top Ads

Diversifikasi Produk Dalam Wirausaha Produk Kerajinan

Diversifikasi Produk Dalam Wirausaha Produk Kerajinan
Diversifikasi Produk Dalam Wirausaha Produk Kerajinan
Diversifikasi produk merupakan kegiatan penambahan produk baru, di mana produk tersebu memiliki fungsi, proses produksi dan teknologi, ataupun sasaran pasarna berbeda dengan produk sebelumnya atau produk lama.

kegiatan diversifikasi produk ini merupakan sebuah upaya dari seorang wirausaha untuk mengembangkan atau mencari peluang pasar baru untuk produknya. inovasi dan pengembangan desain produk harus di lakukan eoang wirausahawan ketika banyak produsen memproduksi jenis produk yang sama dengan produknya.

Pada umunya hasil kewirausahaan kerajinan dari bahan limbah berupa produk-produk hiasan. Pengembangan produk kerajinan hiasan dapat ilakukan dengan membuat desain-desain kerajinan hias yang baru, atau pengembangan ke arah produk yang memiliki kegunaan bagi kegiaatan manusia ( produk fungsional ).

Produk fungsional diperkenalkan dapat terbuat dari bahan baku ilmiah yang sama, hanya dikembangkan desain dan pola kerajinan sehingga menghasilkan produk dengan fungsi yang berbeda ( produk fungsional ).Dengan demikian, sumber bahan bakulimah, teknik, dan alat kerja tidak banyak berubah. 

Perbedaan proses produksi hanya terdapat pada cara pengemasan dan promsi produk. Produk kerajinan fungsional tentunya akan memiliki pasar yang berbeda dengan produk kerajinan hiasan yang berbeda. Perbedaan pasar akan menjadikan sasaran dari sebuah wirausaha menjadi lebih luas. Hal ini dapat memberikan tantangan sekaligus peluang bisnis yang luas bagi wirausa untuk mengembangkan usaha.

Lanjut Baca : Produk Fungsional Berbahan Limbah
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Diversifikasi Produk Dalam Wirausaha Produk Kerajinan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel