Top Ads

Masalah Manajemen Operasional

Masalah Manajemen Operasional
Masalah Manajemen Operasional
Pengertian Manajemen Operasional

Manajemen operasional merupakan suatu fungsi atau kegiatan manajemen yang meliputi perencanaan, organisasi, staffing, koordinasi, pengarahan dan pegawasan terhadap operasi perusahaan. Operasi ini merupakan suatu kegiatan ( di dalam perusahaan ) untuk mengubah masukan menjadi keluaran. Keluaran tersebut dapat berupa barang atau jasa.

Tugas Manajemen Operasioanal

Tugas manajemen operasional di perusahaan adalah untuk mendukung manajemen dalam rangka pengambilan keputusan masalah-masalah produksi atau operasi.

Ada tiga masalah pokok yang dihadapi perusahaan yaitu

1. Masalah Penentuan Posisi Perusahaan

Masalah posisi penentuan perusahaan khususnya dalam masyarakat bertujuan agar keberadaan perusahaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, da dapat dijalankan sesuai ekonomis, efektif dan efisien.

Oleh karena itu, perlu diputuskan bagaimana hendaknya posisi perusahaandi tentukan. Keputusan itu meliputi, antara lain mengenai pemilihan strategi berproduksi, penentuan produk yang akan ditawarkan ke pasar, termasuk menentukan kualitasnya.

2. Masalah Desain

Pada masalah desain akan mencakup perancangan fasilitas operasi yang akan digunakan. Untuk mengatasi masalah ini, hendaknya dilakukan pengambilan keputusan di bidang rancang bangun ( design ).

Sementara untuk proses manufaktur yang menghasilkan barang, keputusan ini antara lain meliputi perancangan letak pabrik, proses operasi, teknologi yang digunakan, rencana kapasitas mesin yang akan dipakai, perencanaan bangunan, tata letak ( layout ) ruangan, dan lingkungan kerja

3. Masalah Operasional

Pada masalah operasional timbul biasanya pada saat proses produksi sudah berjalan.Untuk proses manufaktur yang menghasilkan barang, keputusan terhadap masalah operasional ini antara lain rencana produksi, rencana persediaan bahan baku, penjadwaan kerja pegawai, pengawasan kualitas, dan pengawasan biaya produksi
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Masalah Manajemen Operasional"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel