Top Ads

Jenis-Jenis Motivasi

Jenis-Jenis Motivasi
Jenis-Jenis Motivasi

 1. Motivasi Intrnsik 

Motivasi intrinsik adalah motivasi yang tercakup di dalam situasi belajar dan memenuhi kebutuhan dan tujuan tujuan peserta didik. Motivasi intrinsik sering juga disebut motivasi murni. 

Motivasi yang sebenarnya yang timbul dalam diri peserta didik sendiri misalnya keinginan untuk mendapatkan ketrampilan tertentu, memperoleh informasi dan pengertian, mengembangkan sikap untuk berhasil, menyenangi kehidupan, menyadari sumbangannya terhadap usaha kelompok, keinginan diterima oleh orang lain, dan lain-lain.

Jadi, motivasi intrinsik timbul tanpa pengaruh dari luar. Oleh sebab itu motivasi intrinsik adalah motivasi yang hidup dalam diri peserta didik dan berguna dalam situasi belajar yang fungsional. 

Dalam hal ini pujian atau hadiah atau sejenisnya tidak diperlukan oleh karena tidak akan menyebabkan peserta didik bekerja atau belajar untuk mendapatkan pujian atau hadiah itu, the reward of a thing well done is to have done it. Jadi jelaslah bahwa motivasi adalah bersifat riil dan motivasi sesungguhnya atau disebut istilah sound motivation.

2. Motivasi Ekstrinsik 

Motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang disebabkan oleh faktor - faktor dari luar situasi belajar, seperti angka kredit, ijazah, tingkatan hadiah, medali perten tangan, dan persaingan yang bersifat negatif seperti sarcasm, ridicule, dan hukuman.

Motivasi ekstrinsik tetap diperlukan di sekolah, sebab pengajaran di sekolah tidak semuanya menarik minat peserta didik atau sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Lagipula sering kali para peserta didik belum memahami untuk apa ia belajar hal-hal yang diberikan oleh sekolah. 

Karena itu motivasi terhadap pengajaran itu perlu dibangkitkan oleh guru sehingga para peserta didik mau dan ingin belajar. Usaha yang dapat dikerjakan oleh guru memang banyak, dan karena itu di dalam memotivasi peserta didik kita tidak akan menentukan suatu formula tertentu yang dapat digunakan setiap saat oleh guru.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Jenis-Jenis Motivasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel