Top Ads

Jenis-Jenis Perencanaan Produksi

Jenis-Jenis Perencanaan Produksi
Jenis-Jenis Perencanaan Produksi
Perencanaan produksi yang terdapat dalam suatu perusahaan dapat dibedakan menurut jangka waktu yang tercakup, yaitu perencanaan produksi jangka pendek ( perencanaan operasional ). Yang dimaksud dengan Perencanaan Produksi Jangka Panjang adalah penentuan tingkat kegiatan produksi lebih daripada satu tahun, dan biasanya sampai dengan lima tahun mendatang, dengan tujuan untuk mengatur pertambahan kapasitas peralatan atau mesin-mesin, ekspansi pabrik dan pengembangan produk ( product development ).

Perencanaan Produksi Jangka Pendek adalah penetuan kegiatan produksi yang akan dilakukan dalam jangka waktu satu tahun mendatang atau kurang, dengan tujuan untuk mengatur penggunaan tenaga kerja, persediaan bahan dan fasilitas produksi yang dimiliki perusahaan pabrik. Oleh karena perencanaan produksi jangka pendek berhubungan dengan pengaturan operasi produksi, maka perencanaan ini disebut juga dengan perencanaan operasional.

Dari kedua jenis perencanaan produksi di atas dapat kita ketahui bahwa setiap perencanaan produksi mempunyai cirri-ciri sebagai berikut :

Perencanaan Produksi yang menyangkut kegiatan pada masa yang akan datang, dibuat berdasarkan penaksiran atau ramalan kegiatan yang ditentukan oleh ramalan penjualan pada masa yang akan datang.

Perencanaan Produksi mempunyai jangka waktu tertentu

Perencanaan Produksi mempersiapkan tenaga kerja atau buruh, bahan-bahan, mesin-mesin dan  peralatan lain pada waktu yang diperlukan

Perencanaan Produksi harus menentukan jumlah dan jenis serta kualitas dari produk yang akan diproduksi

Perencanaan produksi harus dapat mengoordinasi kegiatan produksi dengan mengoordinir bagian-bagian yang mempunyai hubungan langsung ataupun tidak dengan kegiatan produksi

Dalam perencanaan produksi ini, kita menginginkan dapat disusun suatu rencana produksi yang baik yang dapat dilaksanakan dan dengan biaya yang serendah mungkin.

Syarat-syarat suatu rencana produksi yang baik adalah

Harus disesuaikan atas dasar tujuan atau objektivitas perusahaan yang dinyatakan dengan jelas

Rencana tersebut harus sederhana dan dapat dimengerti serta mungkin dilaksanakan

Rencana itu harus diberikan analisis dan klasifikasi kegiatan
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Jenis-Jenis Perencanaan Produksi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel