Top Ads

Asumsi dan Konsep Dasar Akutansi

Asumsi dan Konsep Dasar Akutansi
Akutansi Perbankan

Sampai jumpa sahabat manajemenmentor, setelah sebelumnya kita telah membahas tentang 6 prinsip akutansi kali ini kita akan membahas tentang asumsi dan konsep dasar akutansi.

Seperti kita ketahui untuk dapat memahami akutansi harus mengetahui konsep dasar akutansi. Sedangkan konsep itu sendiri bisa diartikan sebagai pernyataan yang tidak perlu dibuktikan atau merupakan aksioma yang diterima secara umum karena sesuai dengan tujuan laporan keuangan dan menggambarkan sifat kesatuan akutansi dari sebuah perusahaan.

Konsep-konsep akutansi yang digunakan dalam lingkungannya akan sangat dipengaruhi oleh pengetahuan, pengalaman, kondisi sosial, kondisi ekonomi, politik dan sebagainya. Konsep ini juga dapat dikatakan sebagai asumsi dasar dalam akutansi dan asumsi dasar ini terutama dalam menyusun prinsip akutansi.

Prinsip akutansi disusun dengan memperhatikan tujuan laporan keuangan, keadaan perekonomian, keadaan politik, perundang-undangan dan sebagainya yang berkaitan dengan dunia usaha. 

Sedangkan dalam konsep dasar akutansi memiliki 5 poin diantara yaitu

1. Kesatuan Usaha ( Business Entity )
2. Kesinambungan ( Going Concern )
3. Periode Akutansi
4. Pengukuran dalam Nilai Uang
5. Penetapan Beban dan Pendapatan
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Asumsi dan Konsep Dasar Akutansi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel