Top Ads

Ramadhan Bulan Berdoa

Ramadhan adalah waktu terkabulnya doa dikuatkan lagi dengan hadits dari Jabir bin Abdillah, Rasulullah SAW bersabda : " Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan. "

Ramadhan Bulan Berdoa
Ramadhan Bulan Berdoa
Adapun tiga waktu yang bisa digunakan untuk memperbanyak doa di bulan Ramadhan sebagai berikut

1. Waktu Sahur

Dari Abu Hurairah RA Nabi SAW bersabda : " Rab kita tabaraka wa ta'ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman, Siapa saja yang berdoa kepadaKu, maka akan aku kabulkan. Siapa saja yang meminta kepadaKu maka akan aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepadaKu, maka akan aku ampuni " HR Bukhari no 1145 dan Muslim no 758

Imam Nawawi RA berkata, " Pada waktu itu adalah waktu tersebarnya rahmat, banyak permintaan yang diberi dan dikabulkan, dan juga nikmat semakin sempurna kala itu. ( Syarh Shahih Muslim )

Ibnu Hajar RA juga menjelaskan hadits tersebut dengan berkata , Doa dan Istigfar di waktu sahur adalah dijabani ( dikabulkan )

2. Saat Berpuasa

Dari Abu Hurairah RA Nabi SAW bersabda : " Tiga orang yang doanya tidak ditolak : orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil dan doa orang yang dizhalimi ( HR Ahmad no 305 )

Imam Nawawi RA berkata, " Disunahkan orang yang berpuasa berdoa saat berpuasa dalam urusan akhirat dan dunianya, juga doa yang ia sukai, begitu pula doa kebaikan untuk kamum muslimin

3.  Ketika Berbuka Puasa

Nabi SAW bersabda : " Ada tiga orang yang tidak doanya ditolak : pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika dia berbuka, doa orang yang terzalimi " HR Tirmidzi no 2526 dan Ibnu Hiban no 396

Ketika berbuka adalah waktu terkabulnya doa karena saat itu orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Ramadhan Bulan Berdoa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel