Top Ads

Tujuan Pokok Akutansi

Tujuan Pokok Akutansi
Tujuan Pokok Akutansi
Sampai jumpa sahabat manajemenmentor, setelah sebelumnya kita membahas tentang kerangka konseptual akutansi yang merupakan acuan dasar bagi para pemakai informasi akutansi, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tujuan pokok dari akutansi

Tujuan pokok akutansi pada dasarnya sama seperti tujuan umum laporan keuangan yang bertujuan untuk memberikan informasi yang bermanfaat untuk mengambil keputusan bagi para pemakainya. Sementara untuk dapat menyampaikan informasi tersebut harus menggunakan alat atau media berupa laporan keuangan.

Secara khusus laporan keuangan harus mencapai tujuan memberikan informasi keuangan yang dapat dipercaya mengenai posis aktiva, hutang dan modal beserta perubahannya, sehingga dapat digunakan untuk menaksir proses arus kas, kondisi keuangan, prestasi dan potensi perusahaan atau bank dalam menghasilkan laba.

Tujuan laporan keuangan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pengambil keputusan. Hal ini berarti tujuan tersebut sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kebutuhan pemakai, situasi dan kondisi ekonomi, politik, hukum maupun aspek lingkungan bisnis.

Walaupun demikian tetapi tidak boleh dilupakan bahwa laporan keuangan tersebut disusun dalam konteks untuk memuaskan atau memenuhi kebutuhan semua pemakai yang berbeda-beda atau bersifat umum. 

Dengan demikian maka kelompok pemakai tertentu tidak mempunyai hak untuk menentukan jenis informasi tersebut. Para pemakai laporan keuangan dituntut untuk mengetahui karakteristik perusahaan dan pengetahuan akutansi agar dapat memahami informasi dalam laporan keuangan.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Tujuan Pokok Akutansi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel