Top Ads

Pengertian Peramalan Penjualan ( Sales Forecasting )

Ramalan merupakan suatu yang kita harapkan akan terjadi pada masa yang akan datang. Sedangkan ramalan penjualan adalah suatu perkiraan atas ciri-ciri kuantitatif dan kualitatif termasuk harga,dari perkembangan pasaran dari suatu produk yang diproduksi oleh suatu perusahaan pada suatu jangka waktu tertentu di masa yang akan datang.

Sifat atau ciri-ciri pasaran dari barang-barang yang diproduksi oleh suatu perusahaan perlu dianalisis bagi kepentingan perusahaan keseluruhannya, maupun bagi kepentingan perencanaan dan pengawasan produksi.

Analisis mengenai pasaran ini diwujudkan dalam bentuk peramalan penjualan. Jadi peramalan kegiatan merupakan kegiatan penyusunan ramalan tentang sifat atau ciri-ciri penjualan dari suatu produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan ( termasuk jumlah kualitas serta hingga dari produk tersebut ) pada suatu waktu tertentu di masa yang akan datang.

Biasanya berapa banyak produk yang akan dihasilkan ditentukan oleh berapa besar kemampuan perusahaan tersebut untuk menjual barang atau produk itu, yang tercermin dalam ramalan penjualan yang dibuat. 

Jadi peramalan penjualan ini penting sekali terutama merupakan landasan kerja bagi perusahaan pabrik tersebut,baik yang mempunyai proses produksi yang terus menerus maupun yang mempunyai proses produksi yang terputus-putus. Bagi perusahaan yang mempunyai proses terus menerus, ramalan penjualan ini merupakan landasan bagi program kerjanya. Sedangkan bagi perusahaan yang mempunyai proses yang terputus-putus, ramalan tidak langsung digunakan begitu saja, karena sukar dijalankan.

Ramalan penjualan dalam perusahaan ini terutama dipengaruhi untuk membandingkan realisasi kegiatan perusahaan yang didasarkan pada pesanan-pesanan yang terdapat pada masa itu dengan apa yang diramalkan, dimana tentunya pesanan-pesanan ini sukar diramalkan dengan tepat. Dari ramalan penjualan inilah kemudian dibuat rencana atau program produksi
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Pengertian Peramalan Penjualan ( Sales Forecasting )"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel