Top Ads

Persyaratan Kredit

Kebijakan kredit berkaitan dengan erat dengan persyaratan kredit yang diberikan. Persyaratan kerdit ini berguna untuk meningkatkan penjualan kredit dan merangsang pelanggan untuk segera membayar tagihannya. Di samping itu, jangka waktu kredit yang diberikan juga mememberika ruang gerak pelanggan untuk membayar kredit yang diterimanya.

Contohnya perusahaan memberikan persyaratan kredit 2/10, net 30 artinya pelanggan akan diberikan potongan pembayaran 2 persen dari perusahaan membayar dalam waktu sepuluh hari. Sementara itu, jangka waktu kredit adalah tiga puluh hari yang artinya kredit dibayar dalam waktu tiga puluh hari.

Bila perusahaan memberikan persyaratan kredit 2/10, net 60 artinya pelanggan akan diberikan potongan pembayaran 2 persen dan penjualan apabila perusahaan membayar dalam waktu sepuluh hari. Sementara itu, jangka waktu kredit adalah enampuluh hari yang artinya kredit dibayar dalam waktu enampuluh hari.

Selanjutnya perusahaan dapat memperpanjang jangka waktu kredit guna meningkatkan penjualan. Akan tetapi, memperpanjang jangka waktu kredit mengandung suatu risiko, yaitu tertanamnya dana dalam piutang semakin besar dan semakin berpotensi membuat kredit tersebut macet.

Kemudian, untuk memasang kecepatan pembayaran kredit, dapat pula dilakukan dengan potongan kas. Pemberian potongan ini dapat dilakukan dengan menaikkan potongan seperti 2/10, net 30 menjadi 3/10, net 30 atau sesuai dengan kebijakan perusahaan.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Persyaratan Kredit"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel