Top Ads

Pendekaan dalam Membuat Perencanaan

Pendekaan dalam Membuat Perencanaan
Pendekaan dalam Membuat Perencanaan
Proes pembuatan suatu rencana dapat dilakukan dengan beberapa alternatif pendekatn. Berikut empat macam pendektan utama dalam pembuatan suatu perencanaan

1. Pendekatan Atas Bawah ( Top-Down )

Perencanaan dengan pendekatan ini dilakukan oleh pimpinan organisasi. Unit organisasi di bawahnya hanya melaksanakan hal-hal yang telah direncanakan. Untuk perusahaan yang menganut sistem desentralisasi ( penyebaran kewenangan ), pimpinan puncak memberikan pengarahan dan petunjuk kepada pimpinan cabang atau sejenisnya untuk menyusun rencana yang pada tahapannya akan ditinjau dan dikoreksi oleh pimpinan puncak sebelum disetujuai untuk direalisasikan.

2. Pendekatan Bawah Atas ( Bottom-Up )

Perencanaan dengan pendekatan ini dilakukan dengan cara pemimpin puncak memberikan gambaran situasi dan kondisi yang dihadapi organisasi termasuk mengenai misi, tujuan, sasaran, dan sumber daya yang dimilii. Langkah selanjutnya memberikan kewenangan kepada manajemen di tingkat bawahnya untuk menyusun perencanaan

3. Pendekatan Campuan

Dalam kenyataan, relatif sulit menemukan proses perencanaan yang murni Atas-Bawah atau Bawah-Atas. Yang sering ditemukan adalah kombinasi ( campuran ) diantara keduanya walaupun dengan persentase yang relatif. Dengan pendekatan ini pemimpin memberikan petunjuk perencanaan organisasi secara garis besar sedangkan perencanaan detailnya diserahkan kepada kreativitas unit perusahaan di bawahnya dengan tetap mematuhi aturan yang ada.

4. Pendekatan Kelompok

Dengan pendekatan kelompok perencanaan dibuat oleh sekelompok tenaga ahli dalam perusahaan. Oleh karena itu di dalam perusahaan dibentuk semacam biro atau bagian khusus seperti biro perencanaan. Contoh yang ada di pemerintahan adalah Bappenas ( Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional )
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Pendekaan dalam Membuat Perencanaan "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel