Top Ads

Masalah Kesehatan Yang Biasa Dialami Lansia

Penyakit-penyakit yang dapat dialami oleh seorang lansia cukup kompleks seiring dengan perubahan-perubahan yang dialami secara biologis ataupun psikososial. Penyakit dapat berupa gangguan pada aspek biologis, emosional, spiritual, dan sosial. Namun pada umumnya yang kerap kali muncup pennyakit pada lansia seperti 

1. Tekanan Darah Tinggi

Pada maslinggiah kesehatan ini biasanya tekanan darah akan naik. Hal ini ada yang bersifat nnormal dan ada yang bersifat patologis ( penyakit ). Penyebab naiknya  tekanan darah pada usia di atas lima puluh tahun bermacam-macam, baik karena faktor eksternal ( lingkungan luar ) atau karena faktor internal ( diri sendiri ). Penyebab yang paling sering adalah karena penyakit misalnya gangguan ginjal dan pola makan yang kurang baik ( banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam dan pengawet ).

2. Kolesterol

Kolesterol sering meninggi karena pola makan yang kurang baik. Keparahannya ditambah lagi dengan kurangnya aktivitas olahraga dan pola hidup sehat. Akibatnya, kolesterol yang ada dalam tubuh sulit untuk dikeluarkan. Terkadang pola makan yang buruk saat muda baru bisa dirasakan ketika umur sudah di atas 50 tahun

3. Penyakit Jantung

Senada dengan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Penyakit jantung terjadi karena buruknya gaya hidup. Gaya hidup yang buruk membuat organ vital ini bekerja lebih keras untuk mengompensasi kondisi tubuh. Seseorang dengan usia di atas 50 tahun biasanya akan merasakan adanya masalah dalam jantungnya ketika mereka tidak membiasakan diri dengan gaya hidup sehat di awal masa mudanya.

4. Stroke

Penyakit yang beresiko melumpuhkan ini biasanya menyerang mereka yang sudah bermur. Meskipun sekarang kita jumpai beberapa orang terserang stroke di usia muda. Hal ini tidak lain karena pola makan dan pola hidup yang kurang baik. Stroke merupakan bentuk serangan penyakit yang perlahan tapi pasti. Jadi, bagi seseorang berusia di atas 50 tahun sebaiknya berhati-hati dengan serangan stroke.

5. Prostat

Biasanya masalah prostat sering terjadi di usia sudah senja. Masalah prostat sangat beragam. Salah satu di antaranya adalah kanker prostat.

6. Artristis

Artristis atau radang sendi merupakan penyakit yang menyerang persendia. Gangguannya berupa peradangan pada bagian sendi. Peradangan ini bisa terjadi karena banyak faktor. Salah satunya karena makanan yang kita makan. Oleh karena itu, mengusahakan pola hidup yang baik di masa tua adalah kewajiban kita jika ingin hidup sehat dan kuat.

7. Diabetes

Diabetes atau tingginya kadar gula darah karena gangguan insulin adalah penyakit tidak menular yang sering menimpa seseorang di atas 50 tahun. Diabetes disebabkan oleh beberapa faktor. Ada yang karena genetik atau ketrurunan, ada pula yang disebebkan oleh gaya hidup yang kurang baik. Berhati-hati dari ancamam penyakit ini sangat diperlukan.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Masalah Kesehatan Yang Biasa Dialami Lansia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel