Top Ads

Abu Bakar ash-Shidiq dan Ali bin Abi Thalib Sama-Sama Mulia

Abu Bakar ash-Shidiq dan Ali bin Abi Thalib Sama-Sama Mulia
Abu Bakar ash-Shidiq dan Ali bin Abi Thalib Sama-Sama Mulia

Abu Bakar ash-Shidiq dan Ali bin Abi Thalib berkunjung ke rumah Rasulullah Saw. Namun, mereka tidak berani menetuk pintu rumah Rasulullah Saw.

" Sebaiknya kamu saja yang mengetuk pintu, wahai Ali, " Kata Abu Bakar

" Sebaiknya kamu saja, Abu Bakar, " sahut Ali. " Bagaimana mungkin aku berani mengetuk pintu ini, sementara aku sedang bersama dengan orang yang Rasulullah Saw pernah bersabda, ' Belum pernah ada orang yang mulia setelah para Nabi, melainkan Abu Bakar."

" Bagaimana mungkin aku akan mendahuluimu, wahai Ali, sedang Rasulullah Saw pernah bersabda tentangmu, 'Aku telah menikahkan wanita terbaik kepada lelaki terbaik, aku nikahkan putriku Fatimah dengan Ali bin Abi Thalib," ucap Abu Bakar

Alibin Abi Thalib kembali menjawab, " Wahai Abu Bakar, Rasulullah Saw pernah bersabda, 'Jika iman umat ini ditimbang dengan iman Abu Bakar, tentu akan berat timbangan iman Abu Bakar."

" Wahai Ali, Rasulullah Saw pernah bersabda tentangmu, 'Kelak pada hari kiamat, Ali bin Abi Thalib dikumpulkan di padang Mahsyar dengan berkendaraan bersama Fatimah, Hasan, dan Husain. Lalu, orang-orang bertanya-tanya kepadaku, 'Wahai Rasulullah, siapakah gerangan itu ? Lalu, suara yang menjawab, " Ia Ali bin Abi Thalib dan keluarganya."

Keduanya terus saling  bertawadhu. Lalu Malaikat Jibril datang kepada Rasulullah Saw seraya berkata, " Wahai Rasulullah, di depan pintu ada Abu Bakar dan Ali hendak menemuimu. Pergilah, sambutlah mereka

Rasulullah Saw segera menyambut kedua sahabatnya yang mulia. Beliau menempatkan Abu Bkar di sebelah kanannya dan Ali di sebelah kirinya. Lalu, beliau bersabda, " Demikianlah kami kelak dibangkitkan pada hari kiamat."


Mutiara Hadist tentang Tawadhu

" Tidak ada orang yang merendahkan hati karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya " ( HR. Muslim )

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Abu Bakar ash-Shidiq dan Ali bin Abi Thalib Sama-Sama Mulia "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel