Top Ads

Pengertian Motivasi Secara Singkat dan Jelas

Pengertian Motivasi Secara Singkat dan Jelas
Pengertian Motivasi 

Motivasi merupakan perubahan energi dalam diri pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Ada dua prinsip yang dapat digunakan untuk meninjau motivasi yaitu 

1. Motivasi dipandang sebagai proses, maksudnya yaitu pengetahuan tentang proses ini akan membantu kita menjelaskan kelakuan yang kita amati dan untuk memperkirakan kelakuan - kelakuan lain pada seseorang.

2. Kita menentukan karakter dari proses ini dengan melihat petunjuk - petunjuk dapat dipercaya, dapat dilihat kegunaannya dalam memperkirakan dan menjelaskan tingkah laku lainnya. 

Menurut Mc Donald " Motivasi is an energy change within the person characterized by affective arousal and anticipatory goal reaction.

Dari pengertian di atas dapat dirumuskan menjadi 3 unsur yang saling berkaitan yaitu 

1. Motivasi dimulai dari adanya perubahan energi dalam pribadi. Perubahan-perubahn dalan motivasi tumbu dari perubahan-perubahan tertentu di dalam sistem neuropisiologis dalam organisme manusia, misalnya karena terjadi perubahan dalam sistem pencernaan maka timbul rasa lapar. Tapi ada juga perubahan energi yang tidak diketahui.

2. Motivasi ditandai dengan timbulnya perasaan affective arousal. Maksudnya yaitu mula-mula merupakan ketegangan psikologis, lalu merupakan suasana emosi. Suasana emosi ini menimbulkan kelakuan yang bermotif. Perubahan ini mungkin bisa dan mungkin juga tidak, kita hanya dapat melihatnya dalam perbuatan. 

Seseorang terlihat dalam suatu diskusi, karena dia merasa tertarik pada masalah yang akan dibicarakan maka suaranya akan timbul dan kata-katanya dengan lancar dan cepat keluar.

3. Motivasi ditandai dengan reaksi - reaksi untuk mencapai tujuan. Maksudnya yaitu pribadi yang bermotivasi mengadakan respon - respon yang tertuju ke arah suatu tujuan. Respon - respon itu berfungsi mengurangi ketegangan yang disebabkan oleh perubahan energi dalam dirinya. Setiap respons merupakan suatu langkah ke arah mencapai tujuan, misalnya si A ingin mendapat hadiah maka ia akan belajar, mengikuti ceramah, bertanya, membaca buku, dan mengikuti tes.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Pengertian Motivasi Secara Singkat dan Jelas"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel