Komponen Kurikulum

<-- ads -->
Komponen Kurikulum
Komponen Kurikulum
Setelah sebelumnya kita telah berbicara tentang fungsi kurikulum, maka kini dapat kita ketahui jika kurikulum pada dasarnya mengandung beberapa komponen diantaranya yaitu tujuan, isi, metode atau proses belajar mengajar dan evaluasi. Setiap komponen kurikulum tersebut, sebenarnya saling berkaitan, bahkan masing-masing merupakan bagian integral dari kurikulum tersebut. Itulah mengapa kurikulum sebagai suatu system. Berikut ini merupakan ke empat komponen kurikulum tersebut

1) Tujuan

Tujuan pada dasarnya adalah suatu yang ingin dituju ( Webster, 1980:39 ). Tujuan merupakan titik terminal tempat mengarahnya segala gerak, kerja atau perjalanan. Tujuan akan memberikan pegangan tentang apa yang harus dilakukan, bagaimana cara melakukan, di samping merupakan patokan untuk mengetahui hingga sejauh mana tujuan itu telah dicapai. Tujuan kurikulum pada hakekatnya adalah tujuan setiap program pendidikan yang akan diberikan kepada anak didik. Rumusan tujuan kurikulum harus terlebih dahulu ditetapkan sebelum menyusun isi kurikulum, metode dan evaluasi kurikulum.

2) Isi Kurikulum

Pada dewasa ini pemikiran tentang isi atau materi kurikulum cenderung lebih menekankan pad aide-ide dasar dari berbagai disiplin ilmu. Ide-ide dasar itu disebut dengan “ struktur “ ilmu pengetahuan, yang keberadaannya merupakan hal-hal yang asasi dariberbagai mata pelajaran atau bidang studi. Yang termasuk dalam struktur adalah konsep dasar, dalil, hokum atau teori. Struktur memuat prinsi-prinsip yang bersifat umum. Apabila hal ini betul-betul dikuasai, akan sulit terlupakan dan dapat ditransfer pada situasi baru, atau dapat diterapkan pada situasi yang relavan ( M Ali, 1992: 56 )

3) Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran atau strategi adalah suatu cara menyampaikan pesan yang terkandung dalam kurikulum. Metode harus sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Metode pembelajaran ini, menjawab pertanyaan “ how “ yaitu bagaimana menyampaikan materi atau isi kurikulum kepada siswa secara efektif. Oleh karenanya, walaupun metode pembelajaran adalah komponen yang kecil dari perencanaan pengajaran ( instructional plant ), tetapi memiliki peran dan fungsi yang sangat penting.

4) Evaluasi Pembelajaran

Komponen ini sangat berkaitan dengan tujuan pendidikan karena evaluasi berusaha menentukan apakah tujuan pendidikan tercapai atau tidak. Evaluasi berkaitan dengan pertanyaan “ bagaimana efektifitas pengalaman belajar dapat dievaluasi dengan menggunakan tes atau menggunakan prosedur pengumpulan data yang sistematis lainnya?
<-- diteoh artikel -->

0 Response to "Komponen Kurikulum"