Top Ads

Manajemen Strategis dalam Perusahaan

Pada akhir-akhir ini penekanan manajemen banyak perusahaan adalah pada keberhasilan perusahaan dala jangka panjang, untuk tetap terus berkembang menjadi besar, sehat, kuat dan andal. Kaitannya dalam hal ini sehingga berkembanglah pemikiran-pemikiran dalam menajemen yang menekankan pada rangkaian proses bagi pengambilan keputusan-keputusan strategis, yang dikenal dengan manajeman strategis.

Dengan manajemen strategis, anda dapat melihat perusahaan sebagai subsistem dari sistem lingkungan, sehingga setiap keputusan yang harus diambil yang menyangkut keputusan yang strategis, harus memperhatikan pengaruh lingkungannya. Keputusan tersebut merupakan keputusan yang mempunyai dampak jangka panjang bagi perusahaan serta bersifat menyeluruh dan terpadu, dengan melihat perusahaan sebagai satu kesatuan usaha.

Oleh karna itu dalam menerapkan keputusan-keputusan strategis haruslah dilakukan analisis-analisis yang matang dan mendalam tentang kemampuan intern perusahaan serta kesempatan/peluang dan ancaman atau hambatan dari lingkungan usaha perusahaan. Apabila salah keputusan yang diambil terkait dengan keputusan strategis, dampaknya bisa fatal karena di samping perusahaan akan mengalami kerugian terus menerus, pesaing akan memanfaatkan kita karena kesalahan tersebut, sehingga sampai suatu saat perusahaan dapat di likuidasi. Perkembangan keadaan perusahaan di masa depan sangat di tentukan oleh ketepatan keputusan-keputusan strategis yang diambil, yang mempunyai dampak keadaan keseluruhan perusahaan itu.

Dalam kerangka manajemen strategis inilah para manajer terutama manajer puncak berlomba-lomba untuk memanggil ilmu dan pengalaman orang lain yang ahli, guna dapat memiliki wawasan cakrawala dan nuansa yang lebih luas. Dengan demikian berkembanglah ahli keterampilan dalam membaca dan mengnalisis lebih tajam situasi dan kondisi yang dihadapi perusahaan untuk dapat mengambil keputusan yang lebih tepat.

Ketajaman analisis di tentukan oleh kemampuan belajar dari pengalaman orang lain dalam menghadapi situasi dan kondisi yang hampir sama.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Manajemen Strategis dalam Perusahaan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel