Top Ads

Pengertian Produksi dan Operasi Jilid I

Secara umum produksi diartikan sebagai suatu kegiatan atau proses yang mentranformasikan masukan ( input ) menjadi keluaran ( output ). Pengertian bersifat umum ini memiliki pengertian yang cukup luas penggunaanya, sehingga mencakup keluaran ( output ) yang berupa barang atau jasa. Jadi dalam pengertian produksi dan operasi tercakup setiap proses yang mengubah masukan-masukan  ( input ) dan menggunakan sumber-sumber daya untuk menghasilkan keluaran-keluaran ( outputs ), yang berupa barang-barang dan jasa-jasa.

Dengan dasar pengertian di atas tersebut, artinya di dalam kegiatan menghasilkan barang atau jasa, dapat diukur kemampuan menghasilkan atau trasnformasinya, yang sering dikenal dengan apa yang disebut dengan produktifitas untuk setiap masukan ( input ) yang dipergunakan, kecuali bahan.

Sementara dalam arti sempit, pengertian produksi hanya dimaksud sebagaikegiatan yang menghasilkan barang baik barang jadi maupun barang setengah jadi, bahan industri dan suku cadang d.an komponen. Dalam pengertian ini produksi dimaksudkan sebagai kegiatan pengolahan dalam pabrik.

Kemudaian pengertian produksi dan operasi dalam ekonomi adalah merupakan kegiatan yang berhubungan dengan usaha untuk menciptakan dan menambah kegunaan atau utilitas suatu barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi, faktor-faktor produksi terdiri atas tanah atau alam, modal, tenaga kerja, dan keterampilan manajerial serta keterampilan teknis dan teknologi.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Pengertian Produksi dan Operasi Jilid I"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel