Top Ads

Komponen Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM )

Komponen Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM )
Komponen Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM )
Tenaga kerja manusia pada dasarnya dibedakan atas pengusaha, karyawan dan pemimpin

1) Pengusaha

Pengusaha adalah setiap orang yang menginvestasikan modalya untuk memperoleh pendapat dan besarnya pendapatan itu tidak menetu tergantung pada laba yang dicapai perusahaan tersebut.

2) Karyawan

Karyawan merupakan kekayaan utama suatu perusahaan, karena tanpa keikutsertaan karyawan, aktivitas perusahaan tidak akan terjadi. Karyawan berperan aktif dalam menetapkan rencana, system, proses, dan tujuan yang ingin dicapai. Lalu siapakah sebenarnya yang disebut karyawan itu ?

Karyawan adalah penjual jasa (pikiran dan tenaganya ) dan mendapat kompensasi yang besarnya telah ditetapkan terlebih dahulu. Mereka wajib dan terikat untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan dan berhak memperoleh kompensasi sesuai dengan perjanjian. Posisi karyawan dalam suatu perusahaan dibedakan menjadi karyawan operasional dan karyawan manajerial ( pemimpin )

Karyawan operasional

Karyawan operasional adalah setiap orang yang secara langsung harus mengerjakan sendiri pekerjaannya sesuai dengan perintah atasan

Karyawan manajerial

Karyawan manajerial adalah setiap orang yang berhak memerintah bawahannya untuk mengerjakan sebagian pekerjaannya dan dikerjakan sesuai dengan perintah. Mereka mencapai tujuannya melalui kegiatan-kegiatan orang lain. Karyawan manajerial ini dibedakan atas manajer lini dan manajer staf. Manajer lini merupakan seorang pemimpin yang mepunyai wewenang lini ( line authority ), berhak dan bertanggung jawab langsung merealisasi tujuan perusahaan. Sedangkan manajer staf yaitu pemimpin yang mempunyai wewenang staf ( staff authority ) yang berhak memberikan saran dan pelayanan untuk memperlancar penyelesaian tugas-tugas manajer lini.

3) Pemimpin atau manajer

Pemimpin adalah seseorang yang mempergunakan wewenang dan kepemimpinannya untuk mengarahkan orang lain serta bertanggung jawab atas pekerjaan orang tersebut dalam mencapai suatu tujuan. Kepemimpinan adalah gaya seorang pemimpin mempengaruhi bawahannya, agar mau bekerja sama dan bekerja efektif sesuai dengan perintahnya. Asas-asas kepemimpinan adalah bersikap tegas dan rasional, bertindak konsisten dan berlaku adil dan jujur
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Komponen Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM )"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel