Top Ads

Arti dan Pentingnya Sumber Daya Manusia

Arti dan Pentingnya Sumber Daya Manusia
Arti dan Pentingnya Sumber Daya Manusia
Perencanaan sumber daya manusia akan dapat dilakukan dengan baik dan benar jika perencanaan mengetahui apa dan bagaimana sumber daya manusia itu. Sumber daya manusia atau man power disingkat SDM merupakan kemampuan yang dimiliki setiap manusia . SDM terdiri dari daya piker dan daya fisik setiap manusia. Tegasnya kemampuansetiap manusia ditentukan oleh daya piker dan daya fisiknya. Sumber daya manusia menjadi unsure pertama dan utama dalam setiap aktivitas yang dilakuakn. Peralatan yang andal atau canggih tanpa peran aktif SDM, tidak berarti apa-apa.

Apakah sumber daya manusia itu ???

sumber daya manusia adalah kemampuan terpadu dari daya piker dan daya fisik yang dimiliki individu. Perilaku dan sifatnya ditentukan oleh keturunan dan lingkungannya, sedangkan prestasi kerjanya dimotivasi oleh keinginan untuk memenuhi kepuasannya.

Daya pikir adalah kecerdasan yang dibawa lahir ( modal dasar ) sedangkan kecakapan peroleh dari usaha ( belajar dan pelatihan ). Kecerdasan tolak ukurnya intelegence quotient ( IQ ).

Jika IQ – nya di bawah 79, kecerdasan kurang. Apabila IQ-nya antara 80-119, kecerdasannya sedang, tetapi apabila IQ-nya di atas 120 kecerdasannya tinggi atau jenius. Kecerdasan dan kecakapan individu diimplementasikan untuk menciptakan ide-ide, inovasi, kreativitas, dan system kerja yang terbaik.

Emotional Quality ( EQ )

EQ adalah kemampuan manusia untuk mengendalikan emosi dan bersosialisasi ( bermasyarakat ). Apabila IQ didukukng EQ maka realisasi pendapat-pendapatnya akan disambut baik dan antusias oleh masyarakat.

Perilaku seseorang akan dapat ditingkatkan dalam rumah tangga yang sakinah, lingkungkungan pergaulan yang baik, pembinaan iman yang baik, pelaksanaan hokum yang adil dan tegas, contoh teladan yang menjadi penutan penghayatan budaya malu dan lain-lain.

Daya Fisik

Daya fisik adalah kekuatan dan ketahanan seseorang untuk melakukan pekerjaan yang berat dan bekerjanya lama, maupun ketahanannya menghadapi serangan penyakit. Misalnya ada orang yang hanya mampu bekerja 4 jam sehari, tetapi ada yang sampai 8-10 jam sehari. Daya fisik sangat penting dan merupakan penentu bagi seseorang untuk dapat mencapai cita-citanya.

Manusia adalah orangnya, sedangkan SDM adalah kemampua totalitas daya pikir dan daya fisik yang terdapat pada orang tersebut. Kualitas SDM harus ditingkatkan supaya produktivitas kerjanya meningkat, sehingga hidup sejahtera tercapai.

Pendekatan SDM

sumber daya manusia adalah kemampuan terpadu dari daya pikir dan daya fisik yang dimiliki setiap individu. Pendekatan SDM dibedakan menjadi dua yaitu pendekatan mikro dan pendekatan makro.


Pendekatan Mikro

Pendekatan mikro diartikan penganalisisan dan pengkajian sumber daya manusia dari ruang lingkup yang lebih sempit dalam perusahaan. Masalah-masalah pokok yang dianalisis dan dikaji pada pendekatan mikro antara lain meliputi

1) Hubungan dan peranan tenaga kerja dalam perusahaan
2) Fungsi-fungsi MSDM dalam perusahaan
3) SDM dipelajari dari sudut kepentingan perusahaan dan karyawan
4) SDM dipelajari dari produktivitas dan kesejahteraan karyawan
5) SDM dikaji peraturan-peraturan perburuhan pemerintah

Pendekatan Makro

Pendekatan makro atau ekonomi SDM, di mana SDM dikaji dan dianalisis secara luas dan menyeluruh, baik nasional maupun internasional. Hal-hal pokok yang dikaji dan dianalisis pada pendekatan makro ini, antara lain

1) Kualitas dan kuantitas SDM yang tersedia
2) Perbandingan SDM dengan lapangan kerja yang ada
3) Susunan umur dan tingkat peendidikan SDM yang ada
4) Tingkat pertambahan penduduk dan penyebarannya
5) Latar belakang kultur, budaya dan agama SDM yang ada
6) Tingkat produktivitas SDM yang ada
7) Pendidikan dan kesehatan SDM
8) Disiplin dan loyalitas SDM
9) Kesadaran membela Negara dari SDM

Tenaga kerja

Tenaga kerja adalah orang orang atau SDM yang telah dapat memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan dalam undang-undang perburuhan di Negara bersangkutan. Tenaga kerja dikelompokan atas pengusaha, karyawan, dan pengatur.

Pengusaha merupakan orang-orang yang memiliki perusahaan dengan menginvestasikan kekayaannya, dan pendapatannya berasal dari laba perusahaan. Jadi pendapatan belum diketahui terlebih dahulu. Sementara karyawan merupakan orang-orang pnjual jasa dan pendapatannya merupakan kompensasi yang besarnya telah diketahui terlebih dahulu. Sedangkan pengatur adalah orang-orang yang tidak punya pekerjaan dan penghasilan.

Perkembangan Pendekatan SDM


Perkembangan pendekatan SDM dipengaruhi kemajuan kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan hak asasi manusia. sumber daya manusia adalah totalitas terpadu dari daya pikir dan daya fisik yang bersumber dari manusia.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Arti dan Pentingnya Sumber Daya Manusia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel