Top Ads

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Proses Belajar Mengajar

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Proses Belajar Mengajar
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Proses Belajar Mengajar
Telah dimaklumi bersama bahwa kegiatan manajemen pengajaran guru mempunyai kedudukan sentral, sebab dialah yang berperan sebagai sutradara dan sekaligus sebagai aktor. Berhasil tidaknya suatu proses pengajaran juga sangat ditentukan oleh usaha guru dalam memberikan motivasi kepada peserta didik. Oleh karenanya, factor guru sangat dominan sekali dalam mempegaruhi kualitas pengajaran. Hal ini tidak berarti factor-faktor yang lain tidak turut andil dalam mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar, hanya yang paling domain adalah guru.

Adapun variable guru yangpaling dominan mempengaruhi kualitas pengajaran adalah kompetensi propesional yang dimilikinya, artinya kemampuan dasar harus yang dimilikinya misalnya bidang kognitif ( intelektual ) seperti penguasaan bahan, bidang sikap seperti mencintai profesi, dan bidang perilaku seperti keterampilan mengajar, menilai hasil belajar siswa dan lain-lain. Dengan kompetensi professional ini, maka guru dituntut untuk menguasai subjek materi yang diembankannya dan penguasaan metodologi pengajaran.

Di samping factor guru, kualitas pengajaran dipengaruhi juga oleh karakteristik kelas, artinya bahwa berlangsungnya proses belajar mengajar juga ditentukan oleh keadaan, kondisi kelas waktu berlangsungnya proses belajar mengajar. Adapun variabel karakteristik kelas antara lain

Besarnya kelas

Besarnya kelas artinya banyak sedikitnya jumlah siswa yang belajar. Pada umumnya, dipakai ratio 1 : 40, artinya satu orang guru melayani 40 siswa. Berdasarkan penelitian bahwa semakin besar jumlah siswa yang harus dilayani guru dalam satu kelas, semakin sendah kualitas pengajarannya, demikian sebaliknya. Secara logika, tidak mungkin seorang guru dapat mengembangkan kegiatan belajar yang efektif dalam situasi kelas yang memiliki jumlah siswa banyak.

Suasana belajar

Suasana belajar yang demokratis akan member peluang mencapai hasil belajar yang optimal, dibandingakan dengan suasana belajar yang kaku, disiplin yang ketat dengan otoritas pada pihak guru. Oleh karena itu, perlu dikembangkan pola komunikasi sebagai interaksi atau pola komunikasi sebagai interaksi, seperti member kebebasan pada para siswa untuk berprestasi, mengemukakan pendapat, berdialog baik dengan guru, maupun dengan teman-teman satu kelasnya.

Fasilitas dan sumber belajar yang tersedia


Fasilitas dan sumber belajar yang tersedia artinya sekolah itu dijadikan sebagai laboratorium belajar bagi para siswa , kelas harus menyediakan bimbingan sumber belajar seperti buku pelajaran, alat peraga, dan lain-lain sehingga sumber belajar satu-satunya bukanlah guru.

Di samping karakteristik kelas, karakteristik sekolah pun ikut mempengaruhi kualitas pembelajaran. Artinya bahwa hal-hal yang mendorong motivasi proses belajar mengajar akan berjalan efektif juga sangat tergantung pada kondisi sekolah itu sendiri, baik mengenai disiplin sekolah, perpustakaan yang ada di sekolah, estetika, juga kondisi yang bersih dan teratur.

Baca Juga
Materi PKN SD/MI
Materi SBK SD/MI
Materi IPA SD/MI
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Proses Belajar Mengajar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel