Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Proses Belajar Mengajar
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Proses Belajar Mengajar |
Adapun variable guru yangpaling dominan mempengaruhi kualitas pengajaran adalah kompetensi propesional yang dimilikinya, artinya kemampuan dasar harus yang dimilikinya misalnya bidang kognitif ( intelektual ) seperti penguasaan bahan, bidang sikap seperti mencintai profesi, dan bidang perilaku seperti keterampilan mengajar, menilai hasil belajar siswa dan lain-lain. Dengan kompetensi professional ini, maka guru dituntut untuk menguasai subjek materi yang diembankannya dan penguasaan metodologi pengajaran.
Di samping factor guru, kualitas pengajaran dipengaruhi juga oleh karakteristik kelas, artinya bahwa berlangsungnya proses belajar mengajar juga ditentukan oleh keadaan, kondisi kelas waktu berlangsungnya proses belajar mengajar. Adapun variabel karakteristik kelas antara lain
Besarnya kelas
Besarnya kelas artinya banyak sedikitnya jumlah siswa yang belajar. Pada umumnya, dipakai ratio 1 : 40, artinya satu orang guru melayani 40 siswa. Berdasarkan penelitian bahwa semakin besar jumlah siswa yang harus dilayani guru dalam satu kelas, semakin sendah kualitas pengajarannya, demikian sebaliknya. Secara logika, tidak mungkin seorang guru dapat mengembangkan kegiatan belajar yang efektif dalam situasi kelas yang memiliki jumlah siswa banyak.
Suasana belajar
Suasana belajar yang demokratis akan member peluang mencapai hasil belajar yang optimal, dibandingakan dengan suasana belajar yang kaku, disiplin yang ketat dengan otoritas pada pihak guru. Oleh karena itu, perlu dikembangkan pola komunikasi sebagai interaksi atau pola komunikasi sebagai interaksi, seperti member kebebasan pada para siswa untuk berprestasi, mengemukakan pendapat, berdialog baik dengan guru, maupun dengan teman-teman satu kelasnya.
Fasilitas dan sumber belajar yang tersedia
Fasilitas dan sumber belajar yang tersedia artinya sekolah itu dijadikan sebagai laboratorium belajar bagi para siswa , kelas harus menyediakan bimbingan sumber belajar seperti buku pelajaran, alat peraga, dan lain-lain sehingga sumber belajar satu-satunya bukanlah guru.
Di samping karakteristik kelas, karakteristik sekolah pun ikut mempengaruhi kualitas pembelajaran. Artinya bahwa hal-hal yang mendorong motivasi proses belajar mengajar akan berjalan efektif juga sangat tergantung pada kondisi sekolah itu sendiri, baik mengenai disiplin sekolah, perpustakaan yang ada di sekolah, estetika, juga kondisi yang bersih dan teratur.
Baca Juga
Materi PKN SD/MI
Materi SBK SD/MI
Materi IPA SD/MI
0 Response to "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Proses Belajar Mengajar"
Post a Comment