Top Ads

Dongeng Pak Belalang (Cerita dari Melayu)

Pak Belalang (Cerita dari Melayu)

Dahulu kala, di sebuah negeri yang jauh hidup seorang laki-laki bernama Pak Belalang. Ia mempunyai seorang anak bernama Belalang. Keluarga Pak Belalang hidup miskin karena Pak Belalang tidak bekerja.

Pada suatu hari, Pak Belalang mempunyai sebuah ide, ia menyuruh anaknya menyembunyikan barang-barang milik orang lain. Orang-orang yang kehilangan barang itu bertanya kepada Pak Belalang. Tentu saja tebakan Pak Belalang selalu tepat karena dia tahu dimana barang itu berada. Oleh karena itu, Pak Belalang menjadi terkenal sebagai ahli nujum.

Keahlian Pak Belalang ini didengar oleh Baginda Raja. Pak Belalang pun dipanggil Baginda Raja ke istana dan disuruh menebak benda yang ada dalam genggaman Baginda Raja. Tentu saja Pak Belalang bingung, keringatnya mengucur di sekujur tubuhnya. Ia kemudian menangis sambil menyebut nama anaknya " Belalang…Belalang". Baginda Raja senang karena benda yang ada dalam gengamannya dapat ditebak dengan tepat oleh Pak Belalang. Pak Belalang keheranan, kemudian Baginda Raja berkata " Kamu tepat sekali. Lihatlah apa yang ada di gengamanku … seekor Belalang." Pada saat itu kebetulan Baginda Raja menggenggam belalang. Pak Belalang pun dihadiahi oleh Baginda Raja karena berhasil menebak dengan tepat. Begitu seterusnya, setiap kali diminta menebak barang yang hilang secara kebetulan dapat ditebak oleh Pak Belalang. Orang-orang yang meminta bantuan memberi imbalan kepada Pak Belalang. Oleh karena itu ia hidup kaya. Walaupun kaya, hidup Pak Belalang tidak tenang, Ia pun membakar rumah beserta isinya.

Ketika utusan Baginda Raja datang, Pak Belalang purapura sakit dan mengatakan kalau ia sudah tidak dapat meramal lagi kerena buku-buku ramalannya sudah hilang.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Dongeng Pak Belalang (Cerita dari Melayu)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel