Top Ads

Mengenal Penyusunan Peralatan Pabrik ( Plant Lay Out )

Penyusunan Peralatan Pabrik ( Plant Lay Out )
Penyusunan Peralatan Pabrik ( Plant Lay Out )
Setiap perusahaan, baik itu perusahaan besar maupun perusahaan kecil, akan menghadapi persoalan lay out. Untuk itu pada umumnya masalah lay out merupakan masalah yang pasti akan dihadapi oleh perusahaan. Contohnya perkembangan teknologi saat ini yang selalu membawa perubahan-perubahan dan adanya perubahan tersebut misalnya dalam technologies, proses, mesin-mesin yang digunakan maka akan memerlukan lay out yang baru. Perubahan lay out ini mungkin merupakan perubahan keseluruhan pabrik atau sebagian saja. Untuk itu perlu adanya Penyusunan Peralatan Pabrik ( Plant Lay Out )

Sementara Plant Lay Out yaitu fase yang termasuk dalam desain suatu sistem produksi. Tujuan lay out itu sendiri yaitu untuk mengembangkan sistem produksi sehingga dapat mencapai kebutuhan kapasitas dan kualitas dengan rencana yang paling ekonomis.

Kemudian plant lay out juga dapat diartikan sebagai " integrated system " harus memberikan kepada mesin, tempat bekerja ( work place ) dan gudang ( storage ) dengan kapasitas yang dibutuhkan supaya schedule yang feasible dapat ditentukan untuk berbagai parts dan produk, suatu transportation system yang memindahkan parts dan produk tersebut melalui sistem dan service yang ada untuk produksi seperti tempat alat-alat ( tools cribs ) dan maintenance shop serta tempat untuk karyawan seperti fasilitas pengobatan ( medical facilities ) dan cafeteria.

Lay out yang baik dapat diartikan ssebagai penyusunan yang teratur dan efisien semua fasilitas pabrik dan buruh ( personel ) yang ada di dalam pabrik. Fasilitas pabrik ( manufacturing ) tidak saja mesin-mesin tetapi juga service area, termasuk tempat penerimaan dan pengiriman barang tempat maintenance, gudang dan sebagainya. Disamping itu juga harus diperhatikan efisiensi dan segi keamanan para pekerja. Jadi plant lay out meliputi di dalam gedung dan di luar gedung misalnya parkir mobil dan sebagainya.

Plant Lay Out yang baik dapat membantu kita dalam produksi, di mana dengan penempatan fasilitas yang baik, maka material handling dan material movement dapat ditekan sedikit mungkin sehingga menurunkan biaya yang berarti perusahaan lebih efisien. Oleh karena itu di dalam mengatur lay out ruangan baik ruangan kantor maupun ruangan pabrik, faktor-faktor yang harus diperhatikan adalah ruangan gerak bagi material dan para pekerja ruangan untuk service dan repair equipment, maupun pabrik ( plant ) nya sendiri.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Mengenal Penyusunan Peralatan Pabrik ( Plant Lay Out )"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel