Top Ads

Orang Yang Akan Masuk Surga Menurut Rasulullah SAW

Allah SWT menjadikan jannah ( surga ) sebagai tempat kemuliaan, sehingga tidak akan memasukinya kecuali orang-orang yang Allah muliakan saja. Karenanya, surga tidak akan dimasuki kecuali hanya orang mukmin saja.

Nabi SAW pernah bersabda : " Demi Dzat Yang jiwa Muhammad ada di tengahnya. Demikian ini lantaran surga tidaklah dimasuki kecuali ( orang ) yang berjiwa muslimah. ( Musdalub 'alaih )

Imam Nawawi ra mengatakan " Ini adalah nash tegas bahwa orang yang mati dalam kekufuran , tidak akan masuk jannah sama sekali. Dan nash ini sesuai dengan keumumannya berdasarkan ikan Muslimin ".

Nabi SAW menegaskan persoalan ini dalam beberapa hadits lainnya. Umar bin Khaththab ra pernah diperintah oleh Rasulullah SAW untuk mengumandangkan seruan berikut : "Wahai Ibnu Khatab ! Pergilah, lalu serukan kepada manusia bahwa sesungguhnya tidak masuk Jannah kecuali kaum mukminin saja ". 

Kemudian Umar menyerukan, " Ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak masuk Jannah kecuali orang-orang mukminin ( HR.Muslim No 114 )

Rasulullah SAW juga pernah mengutus ka'ab bin Malik dan Aus bin al-Hadatsaan pada hari-hari tasyriq untuk menyerukan bahwa sesungguhnya tidak masuk surga kecuali orang mukmin. ( HR.Muslim No. 1143 )

Dan tentang keyakinan ini, Allah SWT  sudah berfiman dalam Al-quran surat Al-Mukmin ayat 40 yang berbunyi :

Orang Yang Akan Masuk Surga Menurut Rasulullah SAW
Orang Yang Akan Masuk Surga Menurut Rasulullah SAW


Sedangkan Ibnu Qayyim ra dalam Hadi al-Arwahi ilaa Nilai Afran ( hal 166) mengatakan, " Ringkasnya, bahwa penghuni surga itu ada empat golongan. Allah SWT telah menyebutkan mereka dalam firmannya QS An-Nisa ayat 69 yang bunyinya

Allah SWT berfirman:

وَمَنْ يُّطِعِ اللّٰهَ وَا لرَّسُوْلَ فَاُولٰٓئِكَ مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمَ اللّٰهُ عَلَيْهِمْ مِّنَ النَّبِيّٖنَ وَا لصِّدِّيْقِيْنَ وَا لشُّهَدَآءِ وَا لصّٰلِحِيْنَ ۚ وَحَسُنَ اُولٰٓئِكَ رَفِيْقًا ۗ 

"Dan barang siapa menaati Allah dan Rasul (Muhammad) maka mereka itu akan bersama-sama dengan orang yang diberikan nikmat oleh Allah, (yaitu) para nabi, para pencinta kebenaran, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Mereka itulah teman yang sebaik-baiknya." (QS. An-Nisa' 4: Ayat 69)

Inilah wahyu yang disampaikan Rasulullah - Ass-Shadiqul terkait dengan siapa yang akan masuk surga kelak. Berita dari beliau SAWm
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Orang Yang Akan Masuk Surga Menurut Rasulullah SAW"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel