Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyesuaian Diri
Penyesuaian diri merupakan suatu konstruk psikologi yang luas dan kompleks, serta melibatkan semua reaksi individu terhadap tuntutan baik dari lingkungan luar maupun dari dalam diri individu itu sendiri.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri dilihat dari konsep psikogonik dan sosiopsikogenik. Psikogenik mendatang bahwa penyesuaian diri dipengaruhi oleh riwayat kehidupan social individu, terutama pengalaman khusus yang membentuk perkembangan terutama pengalaman khusus yang membentuk perkembangan psikologi. Pengalaman khusus ini lebih banyak berkaitan dengan latar belakang kehidupan keluarga, terutama menyangkut aspek-aspek sebagai berikut
1. Hubungan orangtua-anak, yang merujuk pada iklim hubungan social dalam keluarga, apakah hubungan tersebut bersifat demokrasi atau otoriter yang mencakup
A. Penerimaan-penolakan orangtua terhadap anak
B. Perlindungan dan kebebasan yang diberikan kepada anak
C. Sikap dominatif-integratif (permisif atau sharing)
D. Pengembangan sikap mandiri-ketergantungan
2. Iklim intelektual keluarga, yang merujuk pada sejauhmana iklim keluarga memberikan kemudahan bagi perkembangan intelektual anak, pengembangan berpikir logis atau irrasional, yang mencakup
A. Kesempatan untuk berdialog logis, tukar pendapat dan gagasan
B. Kegemaran membaca dan minat cultural
C. Pengembangan kemampuan memecahkan masalah
D. Pengembangan hobi
E. Perhatian orangtua terhadap kegiatan belajar anak
3. Iklim emosional keluarga, yang merujuk pada sejauhmana stabilitas hubungan dan komunikasi di dalam keluarga terjadi, yang mencangkup
A. Intensitas kehadiran orangtua dalam keluarga
B. Hubungan persaudaraan dalamkeluarga
C. Kehangatan hubungan ayah dan ibu
Sementara itu dilihat dari konsep sosiopsikogenetik, penyesuaian diri dipengaruhi oleh faktor iklim lembaga social di mana individu terlibat di dalamnya. Bagi peserta didik, faktor sosiopsikogenetik yang dominan mempengaruhi penyesuaian dirinya adalah sekolah, yang mencakup :
1. Hubungan guru dan siswa, yang merujuk pada iklim hubungan social dalam sekolah, apakah hubungan tersebut bersifat demokratis atau otoriter, yang mencangkup :
A. Penerimaan-penolakan guru terhadap peserta didik
B. Sikap dominative ( otoriter, kaku, banyak tuntutan ) atau integrative ( permisif, sharing, menghargai dan mengenal perbedaan individu )
C. Hubungan yang bebas ketegangan atau penuh ketegangan
0 Response to "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyesuaian Diri"
Post a Comment