Top Ads

Memahamai Pengertian Pembelajaran Efektif

Menurut Popham dan Baker ( 1992 ), pada hakikatnya proses pembelajaran yang efektif terjadi jika guru dapat mengubah kemampuan dan prestasi peserta didik yang sulit mempelajari sesuatu menjadi mudah mempelajarinya. Lebih jauh mereka menjelaskan bahwa proses belajar mengajar yang efektif sangat bergantung pada pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran untuk dapat memaksimalkan pembelajaran. 

Sementara itu, pembelajaran yang efektif juga memerlukan efisiensi. McQhorter ( 1992 : 3 ) mendifinisikan efisiensi sebgai kemampuan untuk menunjukan seseuatu dengan sedikit usaha, biaya dan pengeluaran untuk mencapai hasil yang maksimal. Efisiensi mencakup penggunaan waktu dan sumber daya secara efektif untuk meyelesaikan tugas tertentu.

Dari penjelasan di atas, ada dua hal utama yang diperlukan untuk mencapai proses belajar mengajar yang efektif yaitu 

1. Harus ada kegiatan analisis kebutuhan belajar peserta didik. Kebutuhan peserta didik adalah bagaimana menganalisis hubungan antara kemampuan dan harapan peserta didik dari proses pembelajarannya.

2. Harus ada gambaran seperti apa sistem ujian yang dipakai. Dengan demikian, pembelajaran yang efektif harus mempunyai syarat kesesuaian anatara kebutuhan belajar peserta didik dan sitem ujian
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Memahamai Pengertian Pembelajaran Efektif"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel