Top Ads

Penerapan Penilaian Kelas Dalam Pembelajaran

Penilaian merupakan suatu proses yang dilakukan melalui langkahperencanaan, penyusunan alat penilaian, pengumpulan informasi dan sejumlah bukti yang menunjukkan pencapaian hasil belajar peserta didik, pengolahan, serta pengumpulan informasi tetang hasil belajar peserta didik untuk perbaikan proses belajar mengajar.

Penilaian kelas dilaksanakan melalui berbagai cara seperti penilaian unjuk kerja, penilaian sikap, penilaian tertulis, penilaian proyek, penilaian produk, penilaian melalui kiumpulan hasil kerja atau karya peserta didik ( portofolio ), dan penilaian diri.

Penilaian hasil belajar baik formal maupun nonformal harus dilakukan dalam suasana yang menyenangkan, sehingga memungkinkan peserta didik bisa menunjukkan apa yang telah dipahami dan dikerjakannya.

Hasil belajar seorang peserta didik tidak dianjurkan untuk dibandingkan dengan peserta didik lainnya, tetapi hanya dianjurkan dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik tersebut sebelumnya. Dengan demikian, peserta didik tidak merasa dihakimi oleh guru tetapi dibantu untuk menjcapai apa yang diharapkan sesuai dengan potensinya.

Oke sahabat manajemenmentor.blogspot.com diatas kita telah mengenal tentang penrapan penilaian kelas dalam pembeljaran. Dan untuk selanjutnya kita akan membahas tentang beberapa penilian kelas yang telah di tulis di atas. Oke semoga bermanfaat.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Penerapan Penilaian Kelas Dalam Pembelajaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel