Top Ads

Kebijakan Distribusi

Kebijakan Distribusi
Kebijakan Distribusi
Sebagian besar produsen menggunakan perantara pemasaran untuk memasarkan produk, khususnya barang, dengan cara membangun suatu saluran distribusi, yaitu sekelompok organisasi yang saling tergantung dalam keterlibatan mereka pada proses yang memungkinkan suatu produk tersedia bagi penggunaan atau konsumsi oleh konsumen atau pengguna industrial.

Saluran distribusi ini membentuk tingkatan saluran untuk menentukan panjangnya saluran distribusi. Dalam hal kebijakan distribusi, desain saluran perlu ditetapkan.

Mendesain sistem saluran memerlukan analisis kebutuhan layanan konsumen, penetapan sasaran dan kendala -  kendala saluran, mengidentifikasi alternatif - alternatif saluran yang utama serta mengevakuasinya.

Selanjutnya perlu di tetapkan sasaran dan kendala saluran. Setelah perusahaan menetapkan sasaran yang hendak dicapai oleh salurannya, selanjutnya ia harus mengidentifikasi alternatif - alternatif utama salurannya yang berhubungan dengan

1. Jenis Perantara

Jenis perantara maksudnya mencari jenis perantara yang sesuai dengan produk untuk dapat menjual atau mendekatkannya pada konsumen.

2. Jumlah Perantara

Jumlah perantara maksudnya perusahaan harus memutuskan banyaknya pedagang perantara dari tiap tingkat yang menurutnya paling efektif.

3. Tanggung Jawab Anggota Saluran

Tanggung jawab anggota saluran maksudnya produsen dan perantara harus sepakat mengenai syarat - syarat dan tanggung jawab masing-masing anggota saluran, misalnya mengenai harga, hak wilayah dan layanan khusus.

Setelah mengidentifikasi beberapa alternatif saluran dan akan memilih salah satunya, perusahaan harus mengevaluasi masing-masing alternatif berdasarkan :

A. Kriteria Ekonomi

Maksudnya memilih alternatif berdasarkan keuntungan bersih yang dihasilkan setelah mengurangi pendapatan penjualan yang dilakukan oleh saluran dengan semua biaya yang dikeluarkan

B. Kriteria Pengendalian

Maksudnya pemilihan saluran yang problem pengendalian menjadi hal yang utama. Mungkin perusahaan memilih pedagang perantara yang lebih mudah dikendalikan.

C. Kriteria Adaptif

Maksudnya perusahaan dapat menyalurkan produknya ke saluran - saluran itu dalam waktu yang berjangka lama atau berjangka pendek.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Kebijakan Distribusi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel