Mengukur Permintaan Pasar Saat Ini
1. Mengestimasi Total Permintaan Pasar
Total permintaan pasar suatu produk adalah volume yang dibeli oleh sekelompok konsumen tertentu dalam suatu wilayah geografis tertentu selama jangka waktu tertentu dalam suatu lingkungan pemasaran tertentu.
Salah satu metode praktis untuk mengestimasi total permintaan pasar yaitu dengan menggunakan persamaan :
Q = n.p.q
Keterangan
Q = total permintaan pasar
n = jumlah pembeli di pasar
p = harga rata-rata satuan
q = jumlah yang dibeli oleh rata-rata pembeli per tahun
2. Mengestimasi Wilayah Permintaan Pasar
Dalam hal memilih wilayah yang terbaik, serta mengalokasikan anggaran pemasaran yang optimal, dapat dilakukan dengan dua metode yaitu
A. Metode Market Build Up
Metode ini digunakan terutama oleh perusahaan barang industri untuk mengidentifikasi semua pembeli potensial dalam setiap pasar dan mengestimasikan pembelian potensialnya.
B. Metode Market Factor Index
Pada metode ini digunakan terutama oleh perusahaan barang konsumsi, dengan mengidentifikasi faktor - faktor pasar yang ada korelasinya dengan potensi dan mengabungkannya ke dalam sebuah indeks tertimbang.
3. Mengestimasi Penjualan Aktual dan Pangsa Pasar
Perusahaan pasar perlu mengetahui penjualan sebenarnya dari industri bersangkutan yang terjadi di pasar, jadi ia harus mengidentifikasi para pesaingnya dan mengestimasi penjualan mereka. Data dapat dikumpulkan baik dari asosiasi atau dari lembaga riset.
0 Response to "Mengukur Permintaan Pasar Saat Ini"
Post a Comment