Top Ads

Pengertian Rekrutmen, Seleksi, dan Orientasi

1. Pengertian Rekrutmen

Rekrutmen merupakan suatu kegiatan untuk mencari sebanyak - banyaknya calon tenaga kerja sesuai dengan lowongan yang tersedia. 

Sumber - sumber dimana terdapat calon karyawan dapat diketahui melalui antara lain lembaga pendidikan, departemen tenaga kerja, biro-biro konsultan, melalui iklan di media masa dan tenaga kerja dari dalam organisasi sendiri

2. Pengertian Seleksi 

Pada dasarnya seleksi merupakan usaha yang sistematis yang dilakukan guna lebih menjamin bahwa mereka yang diterima adalah mereka yang dianggap paling tepat dengan kriteria yang telah ditetapkan serta jumlah yang dibutuhkan. 

Usaha - usaha yang sistematis di atas misalnya dengan melakukan tahapan berikut seperti seleksi dokumen, psikotes, tes intelegensi, tes kepribadian, tes bakat dan kemampuan, tes kesehatan dan wawancara

3. Pengertian Orientasi 

Orientasi dilakukan pada pegawai yang telah diterima, setelah melalui tahapan seleksi. Proses orientasi ini dimaksudkan untuk memperkenalkan pegawai baru kepada situasi kerja dan kelompok kerjanya yang baru. Jadi kegiatan ini merupakan bagian dari sosialisasi, yaitu proses pemahaman sikap, standar, nilai dan pola perilaku yang baru.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Pengertian Rekrutmen, Seleksi, dan Orientasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel