Top Ads

Potret Kepala Keluarga Ideal Dalam Al Qur'an

Allah SWT menggambarkan sosok dan sifat kepala keluarga ideal dalam beberapa ayat Al Qur'an, di antaranya dalam Al Quran surat An Nisa Ayat 34

Artinya " Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka ( laki-laki ) atas sebahagian yang lain ( perempuan) dan karena mereka ( laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka.

Inilah sosok suami ideal, dialah lelaki yang mampu menjadi pemimpin dalam arti yang sebenarnya bagi istri dan anak-anaknya. Memimpin mereka artinya mengatur urusan mereka, memberikan nafkah untuk kebutuhan hidup, mendidik dan membimbing dalam kebaikan, dengan memerintahkan mereka menunaikan kewajiban - kewajiban dalam agama dan melarang dari hal-hal yang diharamkan dalam islam, serta meluruskan penyimpanan yang ada pada diri mereka. 

Dalam ayat lain Allah berfirman 



Artinya " Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka) kisah Ismail (yang tersebut) di dalam Al Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya, dan dia adalah seorang rasul dan nabi. Dan ia menyuruh ahlinya untuk bersembahyang dan menunaikan zakat, dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Tuhannya "

Inilah potret hamba yang mulia dan kepala rumah tangga ideal, nabi Ismail AS, sempurna imannya kepada Allah SWT , shahih dan kuat dalam menunaikan ketaatan kepada Allah, sehingga beliau meraih keridhoan Allah. Beliau juga selalu membimbing dan memotivasi anggota keluarganya untuk taat kepada Allah,karena mereka yang paling pertama berhak mendapatkan bimbinganya.

Demikian pula dalam ayat lain Allah SWT berfirman yang artinya " Dan orang orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa "

Dalam ayat ini Allah SWT memuji hamba - hambaNya yang beriman karena mereka selalu mendoakan dan mengusahakan kebaikan dalam agama bagi anak-anak dan istri-istri mereka. Inilah makna " qurratul-ain  " ( penyejuk hati  ) bagi orang - orang  yang beriman di dunia dan akhirat 

Ketika Imam Hasan al Bisri ditanya tentang makna ayat diatas, beliau berkata, " Allah akan memperlihatkan kepada hamba-Nya yang beriman pada diri istri , saudara dan orang - orang yang dicintainya ketaatan ( mereka  ) kepada Allah. Demi Allah, tidak ada sesuatu pun yang lebih menyejukkan pandangan mata ( hati ) seorang muslim dari pada ketika dia melihat anak, cucu, saudara dan orang - orang yang dicintainya taat kepada Allah. 
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Potret Kepala Keluarga Ideal Dalam Al Qur'an"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel