Rencana Kualitas
Rencana Kualitas |
Berikut penjelasan dari dimensi produk
1. Produk Berupa Barang
Menurut David Gavin, yangdikutip Vincent Gaspersz, menentukan dimensi kualitas barang dapat dilakukan melalui 8 dimensi seperti
- Performance
Performance yakni hal ini berkaitan dengan aspek fungsional suatu barang dan merupakan karakteristik utama yang dipertimbangkan pelanggan dalam membeli barang tersebut
- Features
Featurs yaitu aspek performansi yang berguna untuk menambah fungsi dasar, berkaitan dengan pilihan-pilihan produk dan pengembangannya
- Reliability
Reliability dalam hal ini berkaitan dengan probabilitas atau kemungkainan suatu barang berhasil menjalankan fungsinya setiap kali digunakan dalam periode waktu tertentu dan dalam kondisi tertentu pula
- Conformance
Conformance, dalam hal ini berkaitan dengan tingkat keseuaian terhadap spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya berdasarkan pada keinginan pelanggan. Konfirmasi merefleksikan derajat ketepatan antara karakteristik desain produk dengan karakteristik kualitas standar yang telah ditetapkan
- Durability
Durability merupakan suatu refleksi umur ekonomis berupak ukuran daya tahan atau masa pakai barang
- Serviceability
Serviceability yaitu karakteristik yang berkaitan dengan kecepatan, kompetensi, kemudahan dan kaurasi dalam memberikan layanan untuk perbaikan barang
- Aesthetics
Aesthetics merupakan karakteristik yangg bersifat subyektif mengenai nilai-nilai estetika yang berkaitan dengan pertimbangan pribadi dan refleksi dari preferensi individual
- Fit and Finish
Fit and finish suatu sifat subyektif berkaitan dengan perasaan pelanggan mengenai keberadaan produk tersebut sebagai produk yang berkualitas
2. Produk Jasa atau Servis
- Reliability
Reliability yaitu kemampuan untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan janji yang ditawaran
- Responsiveness
Responsivenness merupakan respon atau kesigapan karyawan dalam membantu pelanggan dan memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap, yang meliputi kesigapan karyawan dalam melayani pelanggan, kecepatan karyawan dalam menangani transaksi dan penanganan keluhan pelanggan
- Assurance
Assurance meliputi kemampuan karyawan atas pengetahuan terhadap produk secara tepat, kualitas keramah-tamahan, perhatian dan kesopanan dalam memberikan pelayanan, keterampilan dalam memberikan informasi, kemempuan dalam memberikan keamanan di dalam memanfaatkan jasa yang ditawarkan, dan kemampuan dalam menanamkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan
Dimensi ini merupakan gabungan dari dimensi
Kompetensi ( competence ) artinya keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki oleh para karyawan untuk melakukan pelayanan
Kesopanan ( courtesy ) yang meliputi keramahan, perhatian dan sikap para karyawan
Kredibilitas ( credibility ) meliputi hal-hal yang berhubungan dengan kepercayaan kepada perusahaan, seperti reputasi, prestasi, dan sebagainya
- Emphaty
Empaty yaitu perhatian secara individu yang diberikan perusahaan kepada pelanggan seperti kemudahan untuk menghubungi perusahaan, kemampuan karyawan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, dan usaha perusahaan untuk memahami keinginan dan kebutuhan pelanggannya
Dimensi Empaty ini merupakan penggabungan dimensi
Akses ( Access ), meliputi kemudahan untuk memanfaatkan jasa yang ditawarkan perusahaan
Komunikasi ( Communication ), merupakan kemampuan melakukan komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada pelanggan atau memperoleh masukan dari pelanggan
Pemahaman pada Pelanggan ( Understanding the Customer ), meliputi usaha perusahaan untul mengetahui dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan
- Tangibles
Tangibles meliputi penampilan fasilitas fisik seperti gedng dan ruangan front office, tersedianya tempat parkir, kebersihan, kerapihan dan kenyamanan ruangan, kelengkapan peralatan komunikasi dan penampilan karyawan
0 Response to "Rencana Kualitas "
Post a Comment