Top Ads

Cara-Cara Menjalankan Pengawasan

Pada setiap tahap dan siklus dari pemikiran tentang hasil sampai ke perenccanaan pengumpulan bahan-bahan pengolahan, pengepakan, penjualan dan lamanya suatu hasil dapat dipergunakan, maka perlu dijalankan pengawasan terhadap mutu, yang dalam hal ini dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu

1) Inspeksi, dengan inspeksi dapatlah ditemukan sampai mana barang memiliki mutu yang dikehendaki

2) Pemberian keterangan, apabila keterangan-keterangan yang didapat selama inspeksi diteruskan ke bagian lain, maka bagian tersebut akan diberi kepastian bahwa kegiatan bagian mereka dalam proses telah dilakukan dengan baik atau perlu diperingati tentang penyimpangan-penyimpangan yang hasur dilakukan.

3) Penyelidikan, dengan menyelidik jalannyapenyimpangan, sehingga kemungkinan kegiatan yang mungkin salah terdapat pada suatu bagian, maka kegiatan produksi selanjutnya dan cara-cara untuk menghindariterjadinya kesalahan lagi perlu diberikan.

Kegiatan inspeksi hanya dapat dilakukan dengan membuat contoh atau sample dan mengukur atau menilai. Kegiatan pemberian keterangan memerlukan kegiatan pencatatan penyingkatan, mempertunjukan dan memberi komentar, mungkin perlu memutuskan pengambilan tindakan yang dibutuhkan, dan untuk memberitahukan jaminan, peringatan atau tindakan yang diperlukan. Kegiatan penyelidikan membutuhkan penganalisaan catatan-catatan dan mungkin memimpin pelaksanaan percobaan-percobaan pada proses atau mungkin dalam laboratorium.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Cara-Cara Menjalankan Pengawasan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel