Top Ads

Pengertian dan Peranan Pemeliharaan

Pemeliharaan merupakan suatu fungsi dalam suatu perusahaan pabrik yang sama pentingnya dengan fungsi-fungsi lain seperti produksi. Hal ini karena apabila kita mempunyai peralatan atau fasilitas, maka biasanya kita selalu berusaha untuk tetap mempergunakan peralatan atau fasilitas tersebut. Demikina pula dengan perusahaan pabrik, dimana pemimpin perusahaan pabriktersebut akan selalu berusaha agar fasilitas atau peralatan produksinya dapat depergunakan sehingga kegiatan produksinya dapat berjalan lancar. Dalam usaha untuk menggunakan terus fasilitas tersebut agar kontuinitas produksi dapat terjamin, maka dibutuhkan kegiatan-kegiatan pemeliharaan dan perawatan yang meliputi kegiata pengecekan, meminyaki dan perbaikan atas kerusakan-kerusakan yang ada serta penyesuaian sper part atau komponen yang terdapat pada fasilitas tersebut. Semua kegiatan ini sebenarnya merupakan tugas dari bagian

Dalam maslah pemeliharaan perlu diperhatikan bahwa sering terlihat dalam suatu perusahaan kurang diperhatikan bidang pemeliharaan atau maintenance, sehingga terjadilah kegiatan pemeliharaan yang tidk teratur. peranan penting dari kegiatan baru diingat stelah mesin-mesin yang dimiliki rusak dan tidak berjalan sama sekali. Hendaknya kegiatan harus dapat menjamin bahwa selama proses produksi berlangsung, tidak akan terjadi kemacetan-kemacetan yang disebabkan oleh mesin atau fasilitas produksi.

Setelah membaca di atas maka dapat di temukan arti dari maintenance yakni suatu kegiatan untuk memlihara atau menjaga fasilitas atau peralatan pabrik dan mengadakan perbaikan atau penyesuaian yang diperlukan supaya terdapat suatu keadaan operasi produksi yang memuaskan sesui dengan apa yang direncanakan. Jadi dengan adanya kegiatan maintenance ini maka fasilitas pabrik dapat dipergunakan untuk produksi sesuai dengan rencana, dan tidak mengalami kerusakan selama fasilitas tersebut dipergunakan untuk proses produksi atau sebelum jangka waktu tertentu yang direncanakan tercapai. Sehingga dapatlah diharapkan proses produksi dapat berjalan lancar dan terjamin, karena kemungkinan-kemungkinan kemacetan yang disebabkan tidak baiknya beberapa fasilitas atau peralatan produksi telah dihilangkan tau dikurangi.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "Pengertian dan Peranan Pemeliharaan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel