4 Komponen Profesional Dalam Manajemen Pembelajaran
4 Komponen Profesional Dalam Manajemen Pembelajaran |
1) Guru harus mengenal semua murid yang dipercayakannya
Hal ini bukan saja mengenal wajahnya sebagai suatu kategori, misalnya si dadap, si waru, dan sebagainya, melainkan juga dituntut untuk mengetahui sifat-sifatnya, kebutuhannya, pribadinya, serta aspirasinya.
2) Guru harus memiliki kecakapan memberi bimbingan
Belajar memang salah satu bentuk bimbingan yang bersifat intelektual, selain itu guru juga dituntut untuk memberi bantuan-bantuan atau pertolongan psikologis kepada peserta didik. Artinya, guru perlu memiliki pengetahuan yang memungkinkan seorang guru mengerti tingkatan-tingkatan emosi siswa, sifat-sifat dasar anak, kebutuhan dan kecakapan-kecakapan skolastik sehingga pada akhirnya seorang guru itu mampu membangun sebuah rencana atas dasar pengetahuan dan siswa benar-benar mengalami pendidikan menyeluruh.
3) Guru harus memiliki dasar pengetahuan yang luas tentang tujuan pendidikan di Indonesia pada umumnya sesuai dengan tahap-tahap pengetahuan. Perkembangan anak senantiasa meningkat seusia dengan zaman yang mengikutinya, oleh karena itu guru di tuntut mengikuti perkembangan pendidikan dan perundangan di negerinya.
4) Guru harus memiliki pengetahuanyang bulat dan baru menenai ilmu yang dikerjakannya. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, maka pengetahuan-pengetahuan lama akan segera menjadi usaha dan tidak relavan lagi dengan tuntutan zaman. Oleh karena itu, seorang guru dituntut untuk senantiasa belajar dan mempelajari ilmu engetahuan yang diajarkannya, sebab bila tidak diikuti oleh kegiatan penambahan ilmu pengetahuan, maka seorang guru dalam mengajar akan tidak bermanfaat lagi sesuai dengan kemajuan yang senantiasa berubah
Baca Juga
Materi PKN SD/MI
Materi SBK SD/MI
Materi IPA SD/MI
0 Response to "4 Komponen Profesional Dalam Manajemen Pembelajaran"
Post a Comment