8 Standar Nasional Yang Diharapkan Pada Madrasah
8 Standar Nasional Yang Diharapkan Pada Madrasah |
Madrasah yang ideal yang diharapkan di masa depan adalah madrasah yang memenuhi standar isi mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi meliputi kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban belajar dan kalender pendidikan.
Madrasah masa depan hendaknya selalu menjadikan kerangka dasar serta struktur kurikulum sebagai pedoman dalam penyusunan silabus. Pada dasarnya madrasah sebagai lembaga pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah harus memiliki standar isi kurikulum dan kelompok materi pelajaran agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.
2) Menyelengarakan proses pembelajaran dengan tepat
Madrasah yang ideal hendaknya mampu memenuhi beberapa hal terkait dengan proses pembelajaran sebagai berikut
Menyelenggarakan proses pembelajaran secara interaktif, inspriratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi prkarsa, kreatifitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik
Dalam proses pembelajaran, madrasah tidak hanya berfungsi mengalihkan pengetahuan ( transfer of knowledge ) tetapi juga memberikan keteladanan
Menyusun perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien
Memilih dan menetukan tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar dengan tepat
Memilih rasio yang tepat antara peserta didik dengan pendidik, antara buku teks dengan peserta didk, dan jumlah peserta didik dalam setiap kelasnya
Madrasah melakukan pengawasan prose pembelajaran meliputi pemantauan, supervise, evaluasi, pelaporasn sesuai standard an pengambilan langkah tindak lanjut yang diperlukan
3) Memenuhi standar kompetensi
Madrasah masa depan yang diharapkan agar menjadikan standar kompetensi lulusan sebagai criteria dasar penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik pada setiap mata pelajaran, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Menjadikan standar kompetensi lulusan untuk meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak kulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lajut
4) Memenuhi standar pendidik dan tenaga kependidikan
Pendidik dan tenaga kependidikan pada madrasah di masa depan agar memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pemebelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Memiliki tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik yang dibuktikan dengan ijazah atau sertifikat keahlian yang relavan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan sebagai agen pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan mengah meliputi kompetensi pedagogic, kepribadian, professional, dan social.
5) Memiliki sarana dan prasarana yang standar
Madrasah masa depan diharapkan memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. Memiliki prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan madrasah, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat olahraga, tempat ibadah, tempat bermain, tempat reaksi, dan tempat lain yang diperlukan untuk menunjang prose pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan sesuai standar nasional pendidikan.
6) Menerapkan standar pengelolaan dengan MBM
Madrasah ideal yang diharapkan agar menerapkan manajemen berbasis madrasah ( MBM ) yang ditunjukan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan dan akuntabilitas. Madrasah dipimpin oleh kepala sebagai penanggung jawab pengelolaan pendidikan. Memiliki beberapa wakil pada jenjang MTs dan MA/MAK, pengambilan keputusan pada madrasah di bidang akademik dilakukan oleh rapat dewan pendidik, komite madrasah yang diambil secara musyawarah mufakat untuk meningkatkan mutu pendidikan.
7) Memenuhi standar pembiayaan
Madrasah di masa depan diharapkan dapat mengelola pendidikan yang terdiri atas biaya investasi, biaya operasional dan biaya personal dengan baik dan benar. Biaya investasi madrasah meliputi biaya penyediaan sarana dan prasarana, pengembangan SDM dan modal kerja tetap. Biaya operasional meliputi biaya pendidikan yang harus dikeluarkan oleh peserta didik untuk bisa mengikuti proses pembeljaran secara teratur dan berkelanjutan.
8) Memenuhi standar penilaian pendidikan
Madrasah masa depan diharapkan agar mengadakan penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah oleh pendidik, madrasah dan pemerintahan. Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses kemajuan dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan semester, dan ulangan kenaikan kelas, untuk mengevaluasi dan menilai pencapaian kompetensi peserta didik, bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Penialain hasil belajar oleh madrasah bertujuan mengukutr pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran yang mencangkup kelompok matapelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok matapelajaran kewarganegaraan dan keprbadian, kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Penilaian akhir untuk menetukan kelulusan peserta didik dari madrasah memertimbangkan hasil penilaian peserta didik oleh pendidik.
0 Response to "8 Standar Nasional Yang Diharapkan Pada Madrasah"
Post a Comment