Top Ads

4 Hal Yang Dilakukan Guru Sehingga Pembelajaran Tidak Kondusif

Beberapa hal yang sering dilakukan guru dalam proses pembelajaran, sehingga menimbulkan suasana belajar yang tidak karuan atau tidak kondusif.

1. Guru mengajar tidak mencari informasi seputar materi yang akan dipelajari sebelumnya, sehingga guru mengajar hanya sekedar membaca buku materi yang dia punya dan hasilnya ketika pembelajaran dimualai guru tersebut beberapa menit sekali melihat buku. Dan tentunya seorang peserta didik akan merasa jenuh sehingga mereka menganggap pelajaran yang disampaikan seorang guru tersebut kurang menyenangkan, kelaspun akhirnya tidak kondusif.

2. Guru hanya sekedar memberikan informasi tentang pembelajaran di hari tersebut dan tanpa melibatkan siswa untuk berfikir. Yang terpenting siswa mengikuti pelajaran dan menguasai pelajaran yang guru jelaskan.

3. Guru tidak berusaha mencari umpan balik mengapa siswa tidak tertarik dengan pembelajaran dan tidak mendengarkan penjelasannya. Jika terjadi demikian tentunya seorang guru yang baik akan merasa bersalah dan harus mencari inovasi lain dalam melakukan pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih baik dari sebelumnya.

4. Guru menganggap gurulah yang paling bisa dan paling pintar dikelas, seakan-akan siswa sebagai orang yang lapar dan guru menjadi seseorang yang memberikan makanan pada siswa, sehingga pembelajaran pun akan monoton dan gurulah yang paling aktif di dalam kelas. Namun pada dasarnya siswa pun harus dapat berfikir sehingga otaknya dapat berkembang.

Empat hal tersebut diatas memang memrupakan ciri-ciri guru yang ada di Indonesia. Namun walau demikian banyak pula guru yang dalam pembelajarannya menggunakan strategi pembelajran aktif sehingga para siswa memang menjadi aktif baik di dalam kelas dan di luar kelas. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

0 Response to "4 Hal Yang Dilakukan Guru Sehingga Pembelajaran Tidak Kondusif"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel